Pixel Code jatimnow.com

Rangkaian Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Pemprov Jatim, Mau Ikut?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Ilustrasi. Gubenur Khofifah Indarparawansa. (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi. Gubenur Khofifah Indarparawansa. (Foto: Dok. jatimnow.com)

Surabaya - Pemprov Jatim mencanangkan deretan kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77. Rangkaian kegiatan kenegaraan itu mulai digebyar pada tanggal 12 Agustus 2022.

"Jadi rangkaiannya mulai tanggal secara kenegaraan itu tanggal 12. Ada penganugerahan tanda kehormatan, setelah itu tanggal 14 ada upacara Hari Pramuka di gedung Grahadi," ujar Kepala Biro Administrasi dan Pimpinan Jatim Ali Kuncoro kepada jatimnow.com, Kamis (4/8/2022).

Setelah itu, pada tanggal 15 Agustus 2022, rangakaian kegiatan kemerdekaan akan berlanjut dengan malam tirakatan, doa dan zikir bersama, di halaman Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Berlanjut pada tanggal 16 Agustus 2022, Gubernur bersama seluruh pimpinan dan anggota DPRD Jatim mengadakan sidang paripurna di kantor DPRD Jatim Jalan Indrapura, Surabaya.

"Tanggal 16 pagi ada sidang Paripurna, seperti biasa sidang istimewa kenegaraan, setelah itu sore pengukuhan Paskibraka, malamnya apel kehormatan di TMP (Taman Makam Pahlawan) jam 00.00 WIB," jelas Ali.

Kemudian pada puncaknya nanti pada 17 Agustus 2022, Gubernur bersama seluruh OPD dan Forkopimda Jatim menggelar upacara detik-detik kemerdekaan RI di halaman Grahadi.

"Terus tanggal 17 kita upacara detik-detik itu pukul 10.00 WIB, tapi kita undang seluruh peserta jam 08.00 karena ada hiburan dulu reog Ponorogo, Tari Kolosal, dan Drumband baru upacara," lanjut Ali.

Baca juga:
Keseruan Lomba Tradisional Siswa SD Se-Kabupaten Bojonegoro

Menariknya, pada upacara detik-detik Kemerdekaan RI ke-77 itu Gubernur mengundang kepada seluruh warga Jatim itu turut serta mengikuti secara offline di Grahadi. Namun, harus mendaftar dahulu secara online.

Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 7 Agustus 2022 mulai jam 01.00 WIB, dan akan langsung ditutup saat kuota penuh. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman resmi https://bit.ly/detikdetikHUTRI77Jatim untuk pagi dan sorenya melalui https://bit.ly/PenurunanHUTRIJatim.

"Jadi pagi itu kita ngundang itu 500 orang, sore penurunan itu ngundang 750 orang," tegas Ali.

Bagi warga Jatim yang telah terdaftar, saat mengikuti upacara diwajibkan menggunakan pakai batik lengan panjang bagi cowok, dan baju sopan bagi yang cewek.

Baca juga:
507 Narapidana di Lapas Tulungagung Diusulkan Terima Remisi Kemerdekaan

Lalu bagi warga yang masuk dalam wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Jombang (Wilayah Gerbang Kertasusila) juga wajib mengambil undangan di Biro Administrasi dan Pimpinan lantai 7 kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Surabaya, dengan menujukkan bukti KTP dan bukti cetak e-tiket.

Sedangakan bagi warga luar Gerbang Kertasusila, undangan akan dikirim secara langsung ke rumah masing-masing dengan alamat yang terlampir dalam pendaftaran.

Setelah mengikuti upacara, nantinya, setiap undangan yang terdaftar akan mendapatkan e-sertifikat dan goodie bag dari Gubernur Jawa Timur

"Setelah selesai upacara (pagi), baru nanti ada resepsi kenegaraan dengan negara sahabat itu internal, ada Konsul dan Konjen seperti itu. Dilanjutkan dengan tasyakuran bersama veteran, para perintis kemerdekaan. Sore upacara penurunan bersama masyarakat, kurang lebih seperti itu," tandas Ali.

Irjen Ferdy Sambo Tersangka!

"Timsus telah memutuskan untuk menetapkan saudara FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka," tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.