Pixel Code jatimnow.com

10 Partai Politik di Lamongan Minta Tambahan Dana Banpol

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Gedung DPRD Lamongan.(Foto : Dok. Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Gedung DPRD Lamongan.(Foto : Dok. Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Usulan kenaikan dana bantuan partai politik (banpol) di Kabupaten Lamongan segera diajukan. Tercatat ada 10 partai politik di parlemen yang memperjuangkan peningkatan dana banpol.

Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Lamongan Aris Wibawa menyampaikan, 10 partai politik pengusul kenaikan dana banbol rata-rata memiliki suara dominan. Khususnya di parlemen kabupaten setempat. Mereka mendesak agar Ketua DPRD Kabupaten Lamongan segera berkirim surat ke bupati berkaitan dengan banpol.

"Dana banpol ini disuarakan lama. Saat ini mulai diusulkan kembali dari ketua-ketua partai utamanya yang menjabat DPRD Lamongan. Kalau yang di parlemen ada 10. Yakni, PKB, Demokrat, PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, PPP, Nasdem, Hanura, Perindo. Pengajuan para partai itu rata-rata bulan ini," ungkap Aris, Jumat (5/8/2022).

Aris menambahkan, berkas pengajuan kenaikan dana banpol misalnya dari PAN dan yang lain, langsung ke pimpinan DPRD Lamongan.

Baca juga:
Pemkab Lamongan Alokasikan Rp7,35 Miliar untuk Beasiswa 7.230 Pelajar

"Surat tertulis pengajuan segera dibuat dan ini murni aspirasi para ketua partai yang ada di parlemen. Berkas pengajuan kenaikan banpol itu seperti milik PAN yang langsung diterimakan ke saya," ujarnya.

Di lain pihak, Ketua Komisi A DPRD Lamongan Hamzah Fansyuri mengaku tak tahu-menahu perihal banpol ini. Padahal, dia adalah Sekretaris DPD PAN Lamongan yang sebelumya secara resmi mengirim berkas usulan melalui Sekwan.

Baca juga:
Kukuhkan 76 Paskibra, Begini Pesan Bupati Lamongan Pak Yes

"Saya nggak tahu, yang saya dengar malah pengajuan ini sudah 1 periode lalu," kelakarnya.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

Seperti diketahui, banpol mempunyai fungsi khusus pada kesejahteraan masyarakat melalui parpol. Dana ini selain untuk operasional partai, juga bakal mengoptimalkan pembinaan kepemudaan, penyebaran luasan wawasan kebangsaan bagi warga.