Pixel Code jatimnow.com

Begini Cara Petrokimia Gresik Berkolaborasi dengan Warga Sekitar Perusahaan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat memberikan penghargaan Juara 1 Lomba Petrokimia Gresik Lestari. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat memberikan penghargaan Juara 1 Lomba Petrokimia Gresik Lestari. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Gresik - Lurah Sukorame Kecamatan Kebomas Gresik tak bisa menyembunyikan rasa bahagia saat mewakili warganya menerima tropi juara 1 lomba kampung sehat Petrokimia Gresik Bumi Lestari.

Penyerahan juara lomba kampung sehat itu diserahkan secara langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo di Wisma Kebomas PT Petrokimia Gresik, Jumat (5/7/2022) siang.

Petrokimia Gresik Bumi Lestari merupakan bagian dari HUT PT Petrokimia Gresik ke-50 yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Lomba ini digelar sebagai upaya perusahaan pupuk nasional itu meningkatkan kesehatan warga sekitar perusahaan.

"Banyak sekali manfaat lomba Petrokimia Gresik Bumi Lestari ini bagi warga. Pertama lingkungan jadi lebih asri. Kedua warga juga lebih kompak, hampir setiap hari kami bergotong royong mempersiapkan lomba," kata Uman Iswahyudi, Lurah Sukorame.

Kelurahan Sukorame menyabet juara 1 dengan 3782 poin. Juara 2 diraih Desa Ngipik dengan 3752 poin, lalu Kelurahan Kroman menyabet juara 3 dengan meraih 3526 poin.

Dalam sambutannya, Dirut PT Petrokimia Gresik mengatakan bahwa perayaan HUT PT Petrokimia ke-50 bertema 'Beyond Infinity' ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini PT Petrokimia Gresik lebih banyak berkolaborasi dengan warga di sekitar perusahaan, ini sebagai upaya kami agar bisa lebih dekat dengan warga. Selain itu karyawan dan karyawati juga kami libatkan secara langsung dalam kegiatan bersama warga. Tujuannya adalah untuk silaturahmi," ucap Dwi Satriyo.

Warga sekitar perusahaan PT Petrokimia Gresik menerima bantuan door prize untuk jalan sehat. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)Warga sekitar perusahaan PT Petrokimia Gresik menerima bantuan door prize untuk jalan sehat. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Baca juga:
Mini Soccer Pemkab Gresik, Tim Setda dan Dishub Bertemu di Final

Kolaborasi antara PT Petrokimia Gresik dengan UMKM dari 8 kelurahan/desa sekitar yakni Karangpoh, Karangturi, Roomo, Sukorame, Kroman, Lumpur, Ngipik dan Tlogopojok di acara Petronite Fest 2022 banyak mendatangkan keuntungan.

"Khusus UMKM dari 8 kelurahan dan desa sekitar saja transaksinya mencapai 143,5 juta. Itu belum termasuk pendapatan parkir yang dikelola oleh karang taruna," jelas Dwi Satriyo.

Dwi melanjutkan jumlah lapak yang turut berpartisipasi di acara Petronite Fest 2022 mencapai 500 lapak dimana 200 jumlah lapak tersebut berasal dari warga sekitar perusahaan. Selama 10 hari digelar, jumlah pengunjung Petronite Fest mencapai 9 ribu orang lebih.

"Acara Petronite Fest tak hanya merangkul warga sekitar, tapi juga telah menggerakkan perekonomian warga sekitar," ujarnya.

Baca juga:
Mini Soccer Pemkab Gresik: AKD FC dan Dishub Lolos Semi Final

Khusus lapak warga sekitar perusahaan PT Petrokimia Gresik memberikan apresiasi. Untuk lapak terbaik, juara 1 diraih lapak Kelurahan Tlogopojok. Kemudian juara 2 lapak Kelurahan Karangpoh dan juara 3 lapak Kelurahan Sukorame.

Sedang penghargaan lain diberikan kepada Desa Roomo (produk terunik), Kelurahaan Lumpur (lapak paling rapi), Kelurahan Karangturi (dekorasi lapak terbaik), Kelurahan Kroman (lapak terlaris), Desa Ngipik (stand paling favorit).

"Petrokimia Gresik juga memberikan bantuan door prize masing-masing senilai Rp15 juta kepada 8 kelurahan dan desa di sekitar perusahaan untuk acara lomba jalan sehat HUT RI ke 77 di kampungnya masing-masing," pungkas Dwi Satriyo.