Pixel Code jatimnow.com

Mbak Cicha Bekali Peserta Jamnas Cara Memasak Sambal Pecel dan Tumpang

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Mbak Cicha melepas kontingen Jambore Nasional dari Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mbak Cicha melepas kontingen Jambore Nasional dari Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito (Mbak Cicha) melepas kontingen yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 14 hingga 21 Agustus 2022.

Untuk mengikuti Jamnas itu, peserta dibekali tambahan keterampilan memasak, di antaranya membuat sambel pecel dan sambel tumpang yang menjadi ciri khas Kabupaten Kediri.

Mbak Cicha berpesan kepada peserta Jambore dari Kabupaten Kediri untuk tetap bisa menjaga nama baik daerahnya dengan mengikuti Jamnas dengan baik sebagaimana tema yang diusung, yakni Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.

"Jamnas ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para peserta karena momen ini diselenggarakan lima tahun sekali," terang Kak Cicha, Jumat (5/8/2022).

Peserta Jamnas XI itu berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Kak Cicha berharap para peserta kontingen Kabupaten Kediri dapat mengembangkan persaudaran, membina persatuan dan kesatuan sebagai wujud pengamalan darma kedua Pramuka yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Dia mengungkapkan, meski pelaksanan Jamnas dimulai pada 14 sampai 21 Agustus, tapi pada 12 Agustus peserta semua daerah harus sudah masuk di Bumi Perkemahan Cibubur. Sedikit berbeda, dalam kondisi pandemi ini, peserta Jamnas akan tidur satu tenda untuk satu peserta.

Baca juga:
Apresiasi Capaian di Porprov Jatim, Mas Dhito Angkat Atlet Kediri Jadi Satpol PP

"Saya berpesan para peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan," ungkapnya.

Sementara Ketua Tim Pembentukan Jamnas XI Kabupaten Kediri, Muhammad Muksin menambahkan, peserta Jamnas telah mengikuti pembinaan sejak awal Juli dengan sasaran ketahanan fisik, kekompakan, kedisiplinan, dan keterampilan atau kacakapan termasuk keterampilan memasak sendiri.

"Adik-adik ini akan dibekali sambel pecel dan tempe sehingga bisa untuk membuat sambel tumpang atau pecel tumpang selama mengikuti Jambore," ungkapnya.

Baca juga:
Buka Piala Bupati Kediri 2022, Mas Dhito: Memunculkan Bibit Pemain Profesional

Tujuan Jamnas XI, lanjut Muksin, untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan, pengamalan, kode kehormatan pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka.

"Peserta Jamnas Kabupaten Kediri berasal dari 14 gugus depan yaitu 10 pangkalan SMP dan empat dari pangkalan MTS," pungkasnya.

Sementara itu, keseluruhan ada dua regu penggalang yang diberangkatkan dari Kabupaten Kediri baik putra maupun putri. Di mana masing-masing regu beranggotakan 8 penggalang. Tiap regu yang diberangkatkan didampingi seorang pembina pendamping.