Pixel Code jatimnow.com

Kawal RPJP 2025-2045, Ini yang Dilakukan Seknas Jokowi

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di kampus Universitas PGRI Argopuro Jember. (Foto: Hermawan for jatimnow.com)
Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di kampus Universitas PGRI Argopuro Jember. (Foto: Hermawan for jatimnow.com)

Jember - Kedaulatan pangan, geo politik global hingga tata kelola pemerintahan menjadi pembahasan penting dalam gelaran Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di kampus Universitas PGRI Argopuro Jember, Sabtu, (6/8/2022).

Menurut Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Seknas Jokowi, Sapto Raharjanto, selain tiga poin yang disampaikan, masalah kebudayaan dan energi juga menjadi pembahasan.

"Ada lima poin pilar yang dibahas dalam FGD. Ini merupakan inisiatif dari masyarakat, sebagai proses pengawalan penyusunan rumusan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025-2045," ungkap Sapto melalui siaran tertulisnya.

Dia menjelaskan hajatan yang digelar bertajuk "Agenda 45 Jalan Kesejahteraan Indonesia" ini akan dilaksanakan di 12 Provinsi di Indonesia yang merepresentasikan kawasan Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

Baca juga:
Survei SPIN: Capres Prabowo, Cawapresnya Pilihan Jokowi

Sapto menerangkan selama ini penyusunan RPJP selalu diinisiasi oleh pemerintah dan DPR. Seknas Jokowi sebagai organisasi masyarakat sipil, berinisitiasif memberi masukan bagi RPJP 2025-2045.

"Ini sebagai ikhtiar mengakomodasi aspirasi rakyat. Terlebih ruang bagi kontribusi warga dijamin oleh konstitusi dan sesuai pula dengan prinsip demokrasi. Kita berharap rakyat Indonesia akan semakin sejahtera, sesuai cita-cita para pendiri bangsa," paparnya.

Baca juga:
Mebel Indonesia Dilirik Dunia, Ini Harapan HIMKI pada Jokowi saat G20

Sapto menambahkan, FGD ini akan berkelanjutan di beberapa kota seperti Jember, Surabaya dan Malang. Para peserta berasal dari jajaran birokrasi, akademisi, tokoh-tokoh dan para penggerak masyarakat sipil.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

"Hasil FGD tingkat provinsi akan dirangkum oleh tim perumus Dewan Pemimpin Nasional Seknas Jokowi. Rumusan akan diumumkan ke publik dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah acara rapat akbar Seknas Jokowi yang direncanakan akan berlangsung di Jombang Jawa Timur, bulan September yang akan datang," pungkasnya.

Peristiwa

Kasus PMK di Lamongan Terus Menurun

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan mulai melandai. Selain angka kesembuhan, sejumlah kecamatan juga mulai terbebas dari momok PMK.