Pixel Code jatimnow.com

Keseruan Lomba Tradisional Siswa SD Se-Kabupaten Bojonegoro

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Suasana riuh peserta lomba balap egrang SD se-Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Suasana riuh peserta lomba balap egrang SD se-Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Bojonegoro - Dinas Pendidikan Bojonegoro menggelar lomba tradisional Dagongan dan Egrang tingkat sekolah dasar (SD) sekabupaten dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77. Lomba bertempat di Alun-Alun Bojonegoro, Selasa (9/8/2022).

Lomba ini diikuti 31 sekolah dasar (SD) perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Nampak riuh sorak sorai dari peserta untuk menyemangati temannya yang bertanding membuat suasana semakin pecah.

Eko Ari Wibowo, koordinator panitia lomba mengatakan, kegiatan ini merupakan perlombaan ini bekerja sama dengan Pemkab Bojonegoro. 

"Adapun jumlah pesertanya sekitar 300-an siswa-siswi dari 31 SD perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro," ujar Eko yang juga Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (KKGPJUK) SD se-Bojonegoro.

"Untuk lomba dagongan ini beregu dikuti oleh pelajar putri dan dibatasi untuk berat badannya maksimal 50 Kg. Sedangkan untuk lomba egrang juga beregu untuk putra, dan dilaksanakan secara estafet, jadi 25 meter nanti bergantian," tambahnya.

Guru SDN 2 Malo itu menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menyemarakan kembali permainan tradisional.

Baca juga:
Dukung Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemprov Jatim Raih Penghargaan

"Harapannya anak-anak dapat mengenal kembali juga melestarikan permainan dan olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan di Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Khitam Ari Sutrisno Guru SDN 1 Sugihwaras mengatakan ada sebanyak 11 siswa yang diikutkan dalam kegiatan ini. s
Sebelumnya pihaknya melakukan seleksi bagi peserta yang akan diberangkatkan untuk mengikuti lomba. 

Menurutnya perlombaan seperti sangat menarik selain untuk memeriahkan HUT RI ke-77 dan olahraga, perlombaan semacam ini juga untuk melestarikan permainan tradisional.

Baca juga:
Bendera Raksasa dan Festival Egrang Semarakkan HUT ke-77 RI di Kota Batu

"Ini sangat menarik. Harapannya semoga siswa kami dapat meraih juara," ungkapnya.

Mutiara Ulandari, siswi SDN Kemiri 1 Malo salah satu peserta lomba Dagongan, mengaku sangat gembira dapat ikut berpartisipasi dalam lomba Dagongan Menurutnya lawan tandingnya cukup berat namun dengan kekompakan timnya ia mampu meraih juara dalam babak penyisihan.

"Iya Mas tadi yang terakhir lawannya berat, sampai mau kepleset tadi, tapi untungnya tadi menang, besok tanding lagi, doain menang lagi ya," pungkasnya.