Pixel Code jatimnow.com

Viral Spanduk Bertuliskan 'Awas Penipuan' Terpasang di Pasar Pekauman, Sidoarjo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Spanduk yang terpampang di depan Pasar Pekauman, Sidoarjo (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Spanduk yang terpampang di depan Pasar Pekauman, Sidoarjo (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

Sidoarjo - Sepanduk bertuliskan peringatan terhadap aksi penipuan berkedok pemberian hadiah, terpasang di Jalan Pasar Jetis, Pekauman, Sidoarjo. Spanduk itu pun viral di media sosial.

Berdasarkan informasi yang diperoleh jatimnow.com, spanduk itu dipasang, menyusul dugaan perseteruan warga Dusun Kauman dengan salah satu toko yang menjual barang-barang elektronik di daerah tersebut.

"Itu dipasang sesuai kesepakatan antara karang taruna, warga sini, dan jamaah Masjid Jami' Al-Abror. Kami pemuda di sini juga pernah berseteru dengan mereka," ujar Ucup, warga sekitar saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Dia menyebut bahwa sebenarnya warga tidak mempermasalahkan jika barang elektronik tersebut dijual dengan cara yang lumrah. Namun warga menyayangkan dengan cara toko itu menjual barangnya, dengan embel-embel mendapat hadiah gratis.

"Sasaran mereka itu orang-orang atau ibu-ibu yang sudah tua. Jadi mereka awalnya memberi embel-embel hadiah gratis, setelah itu diajak masuk ke dalam toko," jelasnya.

Baca juga:
Video Sejoli Berbuat Mesum Viral di Medsos, Satpol PP Pantau Ketat Tempat Remang

"Nah, di dalam toko itu, pembeli seakan-akan diberi undian semacam lotre. Jika yang keluar adalah barang elektronik merk A, di situ pembeli disuruh dan dipaksa untuk membeli yang nominalnya dari ratusan ribu sampai jutaan. Istilahnya warga sini kesirep atau kayak kena gendam gitu," tambahnya.

Dia menyebut, sebelum spanduk itu dipasang, karang taruna dan pemuda yang ada di Dusun Kauman bahkan sempat bersitegang dengan pihak toko.

"Kita itu ndak masalah kalau jualnya dengan cara yang baik. Lha ini sudah banyak warga yang kena juga. Kan kasihan. Kami sempat ngobrol dengan pihak toko, tapi tidak menemui titik temu. Mereka punya dekengan tapi warga juga ndak mundur. Akhirnya ditengahi sama pihak kelurahan," papar dia.

Baca juga:
Viral Wanita Korban Jambret Mengaku Kalungnya Seharga Rp12 Juta, Netizen Nyinyir

Hingga hari ini, spanduk bertuliskan "Awas…!!! Hati-hati Penipuan Berkedok Pemberian Hadiah Gratis" itu masih terpasang di depan Pasar Pekauman.

Dan warga hanya bisa mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak gampang tertipu dengan orang dari toko-toko tersebut yang menawarkan hadiah gratis.