Pixel Code jatimnow.com

Serunya Balap Ski Lumpur di Karangkiring, Gresik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Lomba ski lumpur di Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik (Foto: Dokumentasi panitia lomba)
Lomba ski lumpur di Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik (Foto: Dokumentasi panitia lomba)

Gresik - Memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Karang Taruna Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik menggelar lomba balap ski lumpur di pesisir pantai desa tersebut.

Perlombaan ini digelar saat air laut surut, menggunakan papan yang biasa dipakai warga untuk pijakan saat mencari ikan di tepi pantai.

Ketua Karang Taruna Desa Karangkiring, Bandriyo menyebut, lomba ski lumpur ini sudah menjadi budaya di desanya, setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI.

"Setelah dua tahun vakum karena Pandemi Covid-19, akhirnya tahun ini kami bisa kembali menggelar perlombaan ini," terang Bandriyo, Kamis (11/8/2022).

Baca juga:
Gempita Kemerdekaan ke-77 RI, Ribuan Peserta Ikuti Lomba Jalan Cepat Pare-Kediri

Lomba ski lumpur ini cukup menarik perhatian masyarakat sekitar, sehingga berdampak positif bagi pelaku UMKM di desa tersebut.

"Banyak pengunjung menyaksikan lomba balap ski lumpur. Selain melihat perlombaan, mereka juga menikmati pemandangan hutan mangrove sambil menikmati berbagai kuliner masakan laut di warung-warung yang berada di sekitar dermaga," papar dia.

Baca juga:
Relawan Des Ganjar Ponorogo Gelar Lomba Panjat Pinang dan Tangkap Ikan

Sementara, lomba ski lumpur ini akhirnya dimenangkan oleh Suut. Saat lomba, dia mengaku tidak mudah untuk menggerakan papan melaju dengan lancar. Meski begitu, dengan susah payah dan pantang menyerah, akhirnya dia mampu mengalahkan para pesaingnya.

"Memang susah mendorong papan di area lumpur. Agak berat dan butuh tenaga ekstra. Tapi karena banyak penonton yang bersorak, membuat saya bersemangat," tutur Suut.