Pixel Code jatimnow.com

Ingin Menghias Kuku dengan Nuansa Khas Merah Putih, Ini Rekomendasinya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Beauty preuner kenamaan Surabaya, Yeni Ekawati sedang menghias kuku dengan nuansa batik merah putih hingga nuansa kemerdekaan Indonesia (Foto-foto: Tito/jatimnow.com)
Beauty preuner kenamaan Surabaya, Yeni Ekawati sedang menghias kuku dengan nuansa batik merah putih hingga nuansa kemerdekaan Indonesia (Foto-foto: Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Seni menghias, mempercantik dan melukis kuku kerap menjadi hal penting untuk menunjang penampilan dalam berbagai momen.

Tak ketinggalan, momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini, beauty preuner kenamaan Surabaya, Yeni Ekawati memberikan inspirasi menghias kuku dengan nuansa khas merah putih dan bendera berkibar, hingga batik khas Indonesia.

"Hari Rabu, kita merayakan 77 tahun Kemerdekaan Indonesia. Kalau dulu waktu sekolah bisa ikut lomba balap karung atau makan kerupuk, sekarang mari kita rayakan lewat nail art bertema merah putih," ujar Yeni, Selasa (16/8/2022).

Owner Gloss and Glow Premieres, Yeni Ekawati menyebut, ketertarikan untuk mencoba nail art kemerdekaan masih digandrungi masyarakat. Look-nya pun bisa disesuaikan keinginan customers.

"Antusias customers cukup bagus sih. Kalau dulu mungkin ikut lomba 17 Agustus tapi sekarang yang ingin tampil beda dan berkarakter bisa pakai nail art," terang Yeni.

Nail art bisa diaplikasikan langsung ke kuku asli maupun kuku palsu. Untuk kuku asli, Yeni menjelaskan, langkah pertama membersihkan kutikula dan pembentukan kuku.

Ada beragam bentuk kuku yang bisa disesuaikan dengan keinginan customer seperti persegi, oval atau bulat. Kemudian melalui perawatan seperti masker atau spa untuk melapisi kuku sebelum penggunaan nail gel.

Pada akhir tahapan, nail artist mengaplikasikan kutikel oil. Semua tahapan ini agar kuku tampak rapi, bersih dan lembab sehingga kuku tidak cepat rusak dan nail art tahan lebih lama.

"Perawatannya sehari-hari rajin pakai kutikel oil saja supaya kutikulanya tidak cepat tumbuh dan kuku tidak kering juga," tambahnya.

Untuk membuat nail art, butuh waktu sekitar 25 menit tergantung tingkat kerumitan dari detail permainan warna dan permainan desain yang dipilih customer.

Ayu dan Hana, pemakai jasa seni menghias kukuAyu dan Hana, pemakai jasa seni menghias kuku

"Kendalanya di detail saja, karena kali ini kan kita gambarnya ada ukir-ukiran dan perlu ketrampilan dari nail artistnya. Semua nail artist kami sudah melalui training karena memang ini harus ada jiwa seni menggambar," ucapnya.

Selain motif pada momen tertentu, Yeni menyebut marble, abstrak dan main claw berhias emas, tembaga atau silver masih menjadi tren nail art tahun ini.

Ia juga mengenalkan jenis nail art bersertifikat halal untuk para muslimah. Sifatnya yang breathable sehingga tidak menutup pori-pori kuku.

Salon di Jalan Tegalsari Surabaya ini memiliki sekitar 250 warna yang bisa diaplikasikan di berbagai motif dan desain, misalnya motif abstrak yang akan membuat tampilan kuku artistik dan menarik.

"Tambahan manik-manik dan swarovski masih, tapi itu memiliki plus minus terutama saat mengusap rambut biasanya sering tersangkut manik-maniknya," kata pebisnis muda yang 10 tahun mendalami bidang seni lukis kuku ini.

Menurut Yeni, tidak ada perawatan khusus untuk nail art. Namun kuku harus tetap dijaga kesehatan dengan cara dirawat agar lukisan kuku tetap awet. Pengaplikasian nail art diperkirakan bertahan tiga hingga empat minggu tergantung kondisi kesehatan kuku.

"Kalau biasanya terlalu sering pakai kutek jell kondisinya akan cepat kering karena kuku kita kan tertutup dan butuh bernafas, tapi bisa di masker kuku atau spa kuku," kata dia.

Para pengguna nail art dengan warna-warna tertentu seperti warna putih, terang dan soft nude disarankan menghindari konsumsi makanan berminyak menggunakan tangan. Agar minyak pada makanan tidak transfer ke kuku sehingga kondisi nail art masih terjaga keawetannya.

"Kebersihan seseorang terpancar dari kukunya, kalau kukunya bersih bisa dipastikan orangnya bersih," tutupnya.

Sementara customer, Ayu dan Hana mengaku, di tengah kesibukan, keduanya kompak mengecat 10 jari tangannya dengan tema bendera merah putih dan batik.

"Pas kemerdekaan jadi coba yang merah putih, ternyata hasilnya bagus. Kalau sudah kuku bersih, kukunya cantik, dandan juga cantik jadi semangat dan ceria juga," terang Hanna.

Sedangkan menurut Ayu, variasi nail art spesial Kemerdekaan 77 ini cukup unik dan khas dibanding kutek umum lainnya.

"Basicnya saya memang suka nyeni dan milih warna merah putih dan batik ini karena memang disesuaikan sama Kemerdekaan. Lucu ya, detailnya bisa unik," tambah Ayu.