Global Qurban-ACT Tawarkan Program Kapal dan Dapur Kurban

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Humas ACT Dian Laksana (kiri) bersama Ponco Sri Ariyanto, Kepala Cabang Global Qurban-ACT Jatim saat presscon di Surabaya.

jatimnow.com — Momen kurban tahun 2018 yang berdekatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia menjadi momen yang tepat untuk menguatkan semangat kebangsaan dan mempererat persatuan.

Melalui semangat kurban bertema Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmatinya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meluaskan kemaslahatan kurban di tahun 2018 dengan dua program baru yakni Kapal Qurban dan Dapur Qurban di perkotaan.

Presiden Global Qurban-ACT, Rini Maryani menerangkan, Indonesia Berqurban mencerminkan semangat Global Qurban untuk merekatkan kebersamaan masyarakat Indonesia melalui momen ibadah kurban.

“Tahun ini, insya Allah akan lebih banyak kebersamaan masyarakat Indonesia. Bersama masyarakat yang bergabung dalam semangat berbagi kebahagiaan kurban ini, kami berharap mampu meluaskan maslahat kurban hingga pelosok negeri dan negara-negara yang terdampak bencana dan krisis kemanusiaan,” tutur Rini, saat peluncuran Indonesia Berqurban, Kamis (19/7/2018).

Ia menjelaskan, tahun lalu Global Qurban sudah menyapa 250 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia serta 40 negara pra-sejahtera maupun yang terpapar krisis kemanusiaan.

"Jangkauan distribusi kurban tahun ini diprediksi akan meningkat. Tahun 2018, Global Qurban akan membawa amanah kurban masyarakat Indonesia ke 265 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia dan 45 negara. Misalnya saja negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia," paparnya.

Ponco Sri Ariyanto selaku Kepala Cabang Global Qurban-ACT Jatim menambahkan, target wilayah distribusi provinsi Jawa Timur mencakup perkotaan dan pelosok dengan tingkat kemiskinan masyarakatnya masih cukup tinggi. Yaitu melalui dua program Kapal Qurban dan Dapur Qurban.

“Saudara yang di Jatim dan pelosok negeri akan kami sapa. Selain itu, masyarakat di negara-negara yang terdampak krisis kemanusiaan maupun kemiskinan,” kata Ponco.

Ia menambahkan, Global Qurban menggulirkan dua program baru pada momen kurban tahun ini. Program-program tersebut di antaranya adalah Kapal Qurban dan Dapur Qurban.

Dua program ini tidak hanya menjadi ikhtiar untuk meluaskan nikmat kurban, namun juga sebagai ikhtiar untuk mempererat persatuan bangsa.

“Kapal Qurban ini sebagai wujud merekatkan persatuan, kita akan membawa hewan kurban dari wilayah Indonesia yang kaya akan ternak ke wilayah yang kurang ternak. Sehingga, bisa terpenuhi kebutuhan kurbannya. Kapal Qurban akan bawa hewan kurban dari Sumbawa ke Jawa (termasuk Jakarta). Lalu juga dari Pulau Seram ke Papua,” jelas Ponco.

Dapur Qurban Sapa Masyarakat Miskin di Kota

Sementara itu, momen kebersamaan juga akan dirasakan melalui program Dapur Qurban. Momen ini diwujudkan dengan santap bersama menu utama daging kurban.

Ini membantu masyarakat betul-betul menikmati kebersamaan saat Idul Adha, termasuk yang mungkin hari itu tak memiliki bahan makanan lainnya kecuali daging kurban.

Dapur Qurban akan menyasar daerah miskin perkotaan di Surabaya. Teknis Dapur Qurban yakni Global Qurban-ACT akan menyembelih dan memasak daging qurban bersama dengan masyarakat miskin kota di satu titik yang akan di survei sebelumnya.

“Tempatnya akan kami assesment dulu, sehingga program Dapur Qurban ini bisa dilaksanakan di tempat yang benar-benar tepat dan bermanfaat. Insya Allah, momen kurban tahun ini akan dinikmati oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari mereka yang mampu, hingga mereka yang membutuhkan. Baik itu di dalam negeri, maupun luar negeri,” pungkas Ponco.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter