Pixel Code jatimnow.com

5 Rekomendasi Film Saat Libur Hari Kemerdekaan, Mana Ya yang Paling Seru?

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Potongan film Jenderal Soedirman.(Foto: Istimewa)
Potongan film Jenderal Soedirman.(Foto: Istimewa)

Surabaya - Libur Hari Kemerdekaan bingung mau ngapain, sebaiknya menonton film saja. Selain tidak banyak mengeluarkan biaya, juga bisa kumpul bareng keluarga maupun orang tercinta.

Berikut lima rekomendasi film yang cocok untuk menemani libur Hari Kemerdekaan:

1. Merah Putih (2009)

Ini merupakan salah satu film perjuangan Indonesia zaman penjajahan yang sering diputar di Hari Kemerdekaan. Film Merah Putih dibintangi Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, yang mengisahkan tentang perjuangan Indonesia melawan Belanda saat Agresi Militer I.

2. Darah Garuda (2010)

Film Darah Garuda merupakan kelanjutan dari Merah Putih atau biasa disebut Merah Putih ll. Film ini sukses pada tahun sebelumnya. Di film ini, bintang aktornya masih sama. Namun dengan jalan dan lika-liku konflik perjuangan yang berbeda. Kali ini, Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan melakukan perlawanan ke Belanda untuk membebaskan tawanan yang merupakan rakyat, termasuk anggota keluarga mereka.

3. Soekarno (2013)

Baca juga:
Dukung Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemprov Jatim Raih Penghargaan

Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan Sang Proklamator Indonesia Soekarno yang diperankan Ario Bayu. Film menggambarkan karakter Soekarno dan perjuangannya membawa kemerdekaan bagi Indonesia sampai akhirnya berhasil membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

4. Jenderal Soedirman (2015)

Baca juga:
Bendera Raksasa dan Festival Egrang Semarakkan HUT ke-77 RI di Kota Batu

Adipati Dolken berperan sebagai Jenderal Soedirman dalam film ini. Mengisahkan tentang taktik perang Jenderal Soedirman kala itu yang dinamai perang gerilya yang mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman saat melawan penjajah. Ia memimpin perlawanan dalam Agresi Militer II yang terjadi pada 1948. Berbagai suka duka perlawanan Soedirman ditampilkan dalam film ini.

5. Sang Kiai (2013)

Disutradarai Rako Prijanto, film Sang Kiai dibintangi beberapa aktor ternama di Indonesia. Di antaranya Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, dan Adipati Dolken. Film ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Tata Suara Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2013.