Pixel Code jatimnow.com

Ratusan Orang Berbaju Adat Gelar Upacara HUT Ke-77 RI di Sungai Kota Batu

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Upacara bendera di sungai yang dilakukan warga Kota Batu. (Foto: Eko Ngowos to Jatimnow.com)
Upacara bendera di sungai yang dilakukan warga Kota Batu. (Foto: Eko Ngowos to Jatimnow.com)

Kota Batu - Ratusan orang menggelar upacara di sungai memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (17/8/2022).

Nampak peserta upacara yang berasal dari para penyapu jalan, tim relawan, perwakilan bank sampah, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu menggenakan baju adat seperti Madura dan Jawa.

Mereka juga membawa peralatan kebersihan yang mereka gunakan setiap harinya seperti sapu, cangkul, dan sebagainya.

Koordinator acara Rudi Eko Prasetyo mengatakan total ada 125 orang mengikuti upacara dengan tema '17 Bersih'. Mereka tidak hanya menggelar upacara, peserta juga melakukan upaya lain yang bermanfaat.

Baca juga:
Pasang Cincin di Mr P Tak Bisa Dilepas, Pria Sidoarjo Lapor Tim Rescue BPBD

"Seperti melakukan bersih-bersih sungai, sumber air, dan melakukan penanaman pohon di beberapa titik lokasi yang tersebar di Kota Batu. Dan ini merupakan upacara rutin kita tiap tahun memperingati Hari Kemerdekaan," ujar Ngowos sapaanya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan sangat penting. Namun paling penting yaitu meneruskan perjuangan pahlawan.

Baca juga:
Viral Siswa SMP di Ponorogo Panjat Tiang Bendera saat Tali Pengait Lepas

"Meneruskan perjuangan para pahlawan cukuplah penting. Nah cara kita yaitu peduli kepada lingkungan baik kebersihannya, merawat sungai, dan sumber mata air demi anak cucu kita nanti. Tekad itu harus kita rawat sampai nanti kelak," tutupnya.