Pixel Code jatimnow.com

Viral Pencurian Motor dan Kotak Amal di Masjid As Syuhada Jombang

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Takmir masjid saat menunjukkan lokasi sepeda motor yang dicuri maling.(Foto Elok Aprianto)
Takmir masjid saat menunjukkan lokasi sepeda motor yang dicuri maling.(Foto Elok Aprianto)

Jombang - Pencurian kotak amal dan sepeda motor terjadi di Masjid As Syuhada, Perumahan Sambong Indah, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Aksi pelaku terekam CCTV. Videonya kemudian viral di beberapa media sosial.

Dalam rekaman yang beredar menggambarkan ada tiga orang melakukan aksi pencurian sepeda motor. Sementara untuk aksi pencurian kotak amal, terekam satu orang dengan mengenakan helm.

Takmir Masjid As Syuhada Muhammad Sholikin (70) membenarkan video rekaman CCTV tersebut. Dua aksi pencurian terjadi di masjid setempat dengan waktu beda.

"Iya benar. Yang pencurian sepeda milik jemaah itu terjadi pada Jumat malam (19/8/2022) sekitar pukul 19.00 WIB. Kalau yang aksi pencurian kotak amal itu sekitar seminggu sebelumnya, pada 10 Agustus 2022," ujar Sholikin, Senin (22/8/2022) malam.

Ada 3 orang yang melakukan aksi pencurian motor. Namun yang beraksi hanya satu orang.

"Waktu itu, pemilik motornya sedang berjamaah. Lalu ada orang datang bertiga. Yang satu itu sebelumnya sudah duduk-duduk memantau di Pos Kamling. Kemudian yang satu beraksi, yang dua orang menunggu di Pos Kamling," katanya saat ditemui di halaman masjid setempat.

Awal beraksi, pelaku langsung menaiki sepeda motor yang diincar. Tak langsung dibawa kabur, pelaku sempat turun dari sepeda setelah melihat seorang warga yang melintas di depannya.

"Awalnya nggak jadi karena ada orang lewat. Kemudian dia pura-pura ke Selatan, gayanya mau ambil daun jambu. Setelah itu beraksi lagi dengan mendekati kendaraan itu. Tapi awalnya pura-pura melepas sepatu," bebernya.

Tak lama berselang, pelaku diketahui langsung melancarkan aksinya ketika sudah melihat situasi sepi. Akhirnya motor milik jemaah yang lagi salat isya dibawa kabur.

Baca juga:
Pencuri Spesialis Pelat Besi di Mojokerto Dibekuk, Begini Cara Mereka Beraksi

"Orang tersebut langsung bawa motor Honda Beat ke temannya yang sudah menunggu di Pos Kamling situ. Begitu ceritanya, ya pemilik motor bingung saat setelah berjamaah. Kemudian bersama warga dan kami juga langsung mengecek CCTV dan benar kalau sepedanya dicuri maling," tegasnya.

Disinggung soal kejadian kotak amal yang raib, pelaku juga diduga terekam CCTV. Namun demikian, CCTV yang merekam aksi pelaku tidak sampai menggambarkan saat pengambilan kotak amal.

"Iya, satu Minggu sebelumnya itu kotak amal. Kejadiannya siang sekitar pukul 14.00 WIB. Jadi kotak amalnya itu disokel, dalam kotak amal itu uangnya sekitar Rp700 ribuan," ujar Sholikin.

Pelaku pencurian kotak amal diduga sudah pengalaman. Pelaku terekam CCTV memakai kendaraan dengan melancarkan aksinya memakai masker dengan helm yang masih belum dilepas dari kepalanya.

Baca juga:
Residivis Asal Tulungagung Ini Nekat Mencuri di Pondok Pesantren

"Pelakunya itu pengalaman ya, jadi mulut wajahnya itu ditutup masker. Pakai helm juga aksinya. Setelah itu kabur, dan kami sudah melaporkan kejadian itu tapi sampai sekarang belum ada kabar, pelaku tertangkap atau belum," ucapnya.

Terkait dengan aksi pencurian motor, Sholikin memastikan pemiliknya sudah melaporkan ke Polsek Jombang Kota. Namun hingga kini masih belum dapat kabar lanjutan dari pihak kepolisian.

"Iya semua sudah dilaporkan. Tapi kami masih menunggu kabar. Belum sepertinya, belum tertangkap pelaku. Ya harapannya bisa segera tertangkap," pungkasnya.