Pixel Code jatimnow.com

Gedung SDN 2 Porwosari Ponorogo Juga Rusak, Begini Kondisinya

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Teras Kelas SDN 2 Purwosari Ponorogo nyaris ambruk.(Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Teras Kelas SDN 2 Purwosari Ponorogo nyaris ambruk.(Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Sejumlah gedung sekolah dasar (SD) di Kabupaten Ponorogo mengalami kerusakan. Salah satunya adalah SDN 2 Purwosari di Kecamatan Babadan, Ponorogo.

Pantauan di lokasi, kayu-kayu untuk kerangka atap teras sudah lapuk dimakan rayap. Plafon teras di depan ruang kelas 5 dan 6 pun juga sudah lepas. Tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya pihak sekolah mengosongkan 2 ruangan yang atap terasnya mau roboh tersebut. Kondisi ini sudah terjadi sejak 5 bulan lalu.

"Kami putuskan 2 ruangan yang atap terasnya nyaris roboh untuk dikosongkan," kata Kepala SDN 2 Purwosari Suyitno, Selasa (23/8/2022).

Dia lalu bercerita kronologi temuan kayu teras yang sudah lapuk secara tidak sengaja. Waktu itu pihak sekolah mengundang tukang bangunan untuk memperbaiki talang air di atap.

“Nah, saat memperbaiki tersebut sang tukang membuka genteng. Tukangnya kaget karena kayu teras yang sedianya untuk panjatan malah dalam kondisi lapuk,” ujarnya.

Otomatis kayu rangka atap teras tidak bisa buat panjatan. Kemudian karena ada yang lapuk, plafon sengaja dilepas untuk melihat kondisi kayunya. Ternyata kayu atap teras sepanjang kelas 5 dan 6 mulai lapuk dan hampir roboh.

Baca juga:
4 Ruang SDN Sumberwuluh Mojokerto Rusak Parah Sejak 2020, Kapan Diperbaiki?

“Dilepas plafon untuk antisipasi supaya kalau sewaktu-waktu roboh tidak ada yang terkena pecahannya. Siswa-siswi pun juga tidak diperkenankan untuk berada di teras yang nyaris roboh tersebut,” tambahnya.

Untuk siswa kelas 5 dan 6, dipindahkan ke ruangan di sebelah Barat. Tepatnya di ruangan yang dulunya milik SDN 1 Purwosari. Namun setelah diregrouping, ruang-ruang kelas SDN 1 Purwosari yang masih satu kompleks dengan SDN 2 Purwosari tidak digunakan.

"Kebetulan ada 2 ruangan yang dulunya milik SDN 1 Purwosari tidak terpakai karena diregrouping. Jadi 2 kelas itu dipindah ke sana," katanya.

Baca juga:
Makin Berbahaya, Siswa SDN 2 Karangpatihan Ponorogo Pindah ke Rumah Warga

Pihak sekolah sudah melaporkan kerusakan tersebut ke Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo. Pihak SDN 2 Purwosari juga sudah membuat propossl untuk mengusulkan perbaikan untuk 2 ruangan itu.

"Sudah lapor dinas, juga sudah difoto. Dulu juga sudah didatangi oleh perwakilan dari Dindik untuk memantau langsung," pungkasnya.