Pixel Code jatimnow.com

Anoa hingga Rombongan Cikar Ramaikan Kirab Hari Veteran Nasional di Kediri

Editor : Arina Pramudita Reporter : Yanuar Dedy
Iringan cikar turut meramaikan kirab Hari Veteran Nasional. (Foto-foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Iringan cikar turut meramaikan kirab Hari Veteran Nasional. (Foto-foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

Kediri - Kendaraan militer lapis baja Anoa hingga rombongan bajingan atau sebutan untuk kusir cikar, turut meramaikan kirab Hari Veteran Nasional di Kabupaten Kediri, Rabu (24/8/2022).

Kirab juga diikuti pasukan berkuda dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri.

Hadir di antaranya Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho, dan Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi. Pasukan ini dipimpin Komandan Kodim 0809 Letkol Infanteri Rully Eko Suryawan.

Di belakangnya, ada barisan veteran yang menunggangi mobil-mobil tua di zaman peperangan.

Selain itu, kirab juga melibatkan para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), serta kelompok-kelompok perguruan silat.

Masyarakat menyambut antusias kirab tersebut. Mereka memadati rute kirab mulai dari kantor Pemkab Kediri hingga finish di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG).

Iring-iringan kendaraan militer Anoa yang hampir tak pernah muncul di depan masyarakat, tak ayal menarik perhatian. Termasuk cikar yang kini jarang digunakan lagi oleh para petani. Masyarakat pun beramai-ramai mengabadikan momen dengan ponsel.

Baca juga:
Ratusan Pelajar Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Rombongan kendaraan militer lapis baja Anoa saat kirab Hari Veteran Nasional di Kabupaten Kediri.Rombongan kendaraan militer lapis baja Anoa saat kirab Hari Veteran Nasional di Kabupaten Kediri.

Komandan Kodim 0809 Letkol Infanteri Rully Eko Suryawan mengatakan, kirab ini merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pejuang yang gigih berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Veteran ini harus kita beri penghargaan dan penghormatan,” katanya.

Baca juga:
Bupati Bojonegoro Berangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Ini Harapannya

Selain itu, melalui keterlibatan para pelajar dan pemuda, pihaknya ingin menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan sejak dini.

Pihaknya juga ingin mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan hal-hal positif lainnya.

“Tanggung jawab kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan prestasi dan hal-hal yang bermanfaat untuk semuanya,” tutupnya.