Pixel Code jatimnow.com

Khofifah dan Ganjar Duet di Penutupan PKKMB Unair Surabaya, Ada Harapan Khusus?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri penutupan PPKMB Unair 2022 (Foto-foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri penutupan PPKMB Unair 2022 (Foto-foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) menggelar penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022 di gedung ACC Kampus C Unair Surabaya, pada Sabtu (27/8/2022) siang.

Ada momen menarik pada kegiatan yang diikuti 8700 mahasiswa baru itu, yakni Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diundang sebagai perwakilan tokoh inspiratif nasional untuk mengisi talk show di hadapan para mahasiswa baru.

Menariknya, selain menjadi pembicara talk show, di akhir acara keduanya pun berduet untuk menyanyikan sebuah lagu berjudul Kemesraan yang dipopulerkan oleh Iwan Fals.

Suasana pun menjadi semakin meriah. Keduanya pun tampak gayeng dan saling bersautan menyayikan lagu tersebut bersama ribuan mahasiswa baru Unair.

Dalam talk show tersebut, Ganjar berpesan agar karakter mahasiswa baru itu harus dibentuk. Karakter itu adalah mampu berdikari, peduli pada sesama dan mencintai bangsa dan negaranya.

"Juga saya sampaikan, apapun hasil mereka bisa di sini, itu ada pengorbanan orang tua. Maka kamu harus hormat betul, minta restu orang tua dan selalu minta doa mereka," ucapnya.

Ganjar berharap Unair mampu membimbing mahasiswa baru itu untuk menjawab tantangan masa depan yang sangat berat. Situasi dunia global saat ini menjadi salah satu tantangan terberat yang harus dihadapi.

Baca juga:
Begini Kata NasDem Soal Peluang Khofifah dan Sri Mulyani Jadi Cawapres

"Maka mahasiswa harus mengoptimalkan betul potensi yang ada, dengan kolaborasi bersama, didampingi dosen-dosen yang hebat ini. Saya harap kampus bisa memberikan talent scouting mencari bakat anak-anak hebat ini agar bisa optimal," pungkasnya.

Terpisah, Rektor Unair Prof Mohammad Nasih saat disinggung soal kehadiran dua sosok gubernur tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik dengan hadirnya dua sosok tersebut. Mereka dinilai akan bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa baru.

Baca juga:
Ini Plus Minus Kepemimpinan Khofifah-Emil Dardak Versi Anwar Sadad

"Loh, nggak ada harapan. Ini kan adik-adik mahasiswa. Ini forumnya mahasiswa yang menginisiasi untuk mendatangkan putra-putri terbaik di Indonesia untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi adik-adik kawan mahasiswa. Tentu kita sambut baik," ujar Nasih.

Ia pun menegaskan bahwa tidak ada harapan tertentu dengan kehadiran Khofifah dan Ganjar di Unair. Sebab, lanjut Nasih, Khofifah merupakan Ketua IKA Unair, yang setiap tahunnya memang menghadiri kegiatan kampus.

"Jadi tidak ada harapan tertentu, Bu Khofifah tiap tahun selalu hadir, dan ini tentu beliau sebagai Ketua IKA, wajib hadir. Sementara kawan-kawan mahasiswa menginisiasi untuk menghadirkan pak Ganjar ya saya pikir oke-oke saja, kenapa tidak?," tandasnya.