Pixel Code jatimnow.com

Ratusan Rider Beradu Kecepatan di Sirkuit Mbah Patok Kota Batu

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Salah satu peserta mengikuti kelas freestyle di Sirkuit Mbah Patok Songgoriti Reborn, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Salah satu peserta mengikuti kelas freestyle di Sirkuit Mbah Patok Songgoriti Reborn, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - Ratusan riders beradu kecepatan dalam ajang Afos Katana Family (AKF) Fun Racing BMXMTB bersama Opase Alumunium di Sirkuit Mbah Patok Songgoriti Reborn, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Minggu (28/8/2022).

Ajang untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77 dibanjiri para rider BMX maupun MTB dari Malang Raya maupun wilayah Jawa Timur seperti Jember, Surabaya, Pasuruan, Lumajang, Blitar, dan sebagainya.

Ketua pelaksana, Wiwin Pranoto mengatakan meskipun dikemas secara fun racing tapi antusias para rider cukup luar biasa. Dari target 100 peserta bisa tembus hingga sekitar 150 peserta.

"Selain sebagai tempat silaturahmi, ajang ini digelar agar bisa menjadi ajang berkompetisi para bibit potensial pesepeda baik di Kota Batu maupun Malang Raya hingga Jatim," ujarnya, Senin (29/8/2022).

Melihat acara yang cukup lancar dan antusiasme pembalap yang cukup luar biasa, pihaknya pun bakal menggelar event ini tahun depan dengan lebih besar lagi.

Baca juga:
Minim Fasilitas tapi Tetap Semangat Rider BMX Kota Batu Raih Prestasi di Yogja

"Selain itu juga untuk menghidupkan kembali track legendaris Mbah Patok yang sudah difungsikan oleh komunitas BMX sejak tahun 1997," katanya.

Sementara itu salah satu wali atlet, Arik Librawanto sangat mengapresiasi event ini karena bisa membangun mental tanding para pembalap pemula. Dirinya pun berharap perlombaan serupa bisa terus dilakukan.

"Terlebih adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk membuat sirkuit bagi para atlet. Karena selama ini, Kota Batu selalu juara di beberapa balap sepeda walaupun tidak punya sirkuit. Semoga Kota Batu memberikan fasilitas dan sarana untuk para atlet BMX dan atlet MTB agar dapat menjadi motivasi," pungkasnya.

Perlu diketahui dalam AKF Fun Racing MTBMX ada beberapa kelas yang diperlombakan mulai yaitu BMX usia 5-16 tahun boy dan women, BMX usia 17 tahun ke atas, MTB Open boy dan women, freestyle, dan lainya.