Pixel Code jatimnow.com

FOTO: Keseruan Pawai Budaya Bojonegoro

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Penampilan para peserta pawai budaya Bojonegoro. (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Penampilan para peserta pawai budaya Bojonegoro. (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Bojonegoro - Pawai Budaya Bojonegoro dengan tema 'Ragam Budaya Tradisional Bojonegoro' tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bojonegoro Senin (29/8/2022) sangat meriah.

Beragam penampilan teatrikal menceritakan legenda dan adat budaya daerah Bojonegoro.

Sebanyak 26 peserta tingkat SD/MI dan SMP/MTs ambil bagian dalam memeriahkan rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 RI kali ini.

Rute yang diambil mulai dari Jl Mas Tumapel - Jl Imam Bonjol - Jl Kartini - Jl Teuku Umar - Jl Panglima Sudirman - Jl MH Thamrin - Jl Mastrip - Finish Jl Imam Bonjol depan Satlantas.

Beragam tema dibawakan oleh peserta mulai dari Tari Kembang Mayang mengisahkan asal usul wisata ikonik Bojonegoro Kahyangan Api. Selain itu ada pula yang mengangkat tema Kanjeng Soemantri salah satu leluhur masyarakat Bojonegoro, hingga Tari Tengul dan rangkaian prosesi pernikahan adat Jawa.

Baca juga:
Jatimnow Hari Ini: Nasabah BRI Kehilangan Uang Ratusan Juta Rupiah

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Bojonegoro Budiyanto mengatakan, tujuan kegiatan untuk menggali, mengenalkan sekaligus melestarikan seni budaya tradisional pada anak-anak dan memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Harapannya dengan diadakannya pawai budaya ini dapat mengedukasi sekaligus mengenalkan kapada anak-anak tentang keanekaragaman budaya tradisional yang ada di Bojonegoro," ujarnya.

Terpisah, Sri Wahyuni warga setempat mengaku sangat antuasias dengan diadakan kegiatan pawai budaya ini. Pasalnya sudah dua tahun tidak pernah ada kegiatan serupa akibat pandemi Covid-19.

Baca juga:
Bayi Perempuan yang Ditemukan di Bawah Pohon Kelor Jadi Rebutan

Menurutnya pawai budaya kali ini lebih menarik karena diperankan oleh anak SD dengan mengenakan berbagai kostum yang lucu serta ada drama dan tari yang membuat semakin menggemaskan.

"Sekalian mengantar anak yang hari ini ikut pawai budaya, sejak pagi sudah siap-siap untuk make up dan memakai kostum, harapannya semoga juara," pungkasnya.