Pixel Code jatimnow.com

Festival Payung Indonesia Digelar Awal September, Berikut Keistimewaannya

Editor : Sofyan Cahyono
Festival Payung.(Foto: Kemenparekraf)
Festival Payung.(Foto: Kemenparekraf)

jatimnow.com - Festival Payung Indonesia (FESPIN) 2022 akan digelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 2-4 September 2022. Acara tersebut merupakan persembahan Mataya Arts & Heritage berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Even menampilkan segudang kreasi dan serba-serbi payung dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Tak hanya itu saja, ada enam keistimewaan lain di FESPIN 2022. Berikut ulasannya dikutip dari situs resmi Kemenparekraf:

1. Menghadirkan 81 grup seni dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia

Festival Payung Indonesia 2022 mengusung tema “The Kingdom and Umbrella”. FESPIN siap mengajak Anda untuk menelusuri kerajaan-kerajaan di Nusantara pada masa lampau lewat ragam karya persembahan 80 grup seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia.

FESPIN sendiri punya sister-festival. Namanya Borsang Umbrella Festival yang rutin digelar di Chiang Mai, Thailand. Jadi mereka bakal mengirim perwakilan untuk ikut menyemarakkan Festival Payung Indonesia 2022. Selain itu, masih ada negara lain yang bakal gabung, yakni India dan Spanyol.

2. Menawarkan pengalaman rekreasi, kreasi, dan literasi

Anda akan dibawa untuk menikmati tiga proses yang mengesankan. Yakni, rekreasi, kreasi, dan literasi. Dimulai dari rekreasi, Anda bisa jalan-jalan dan menikmati keindahan ribuan payung yang dipamerkan sekaligus berbagai pertunjukan seni yang ditampilkan. Dari segi kreasi, Anda bisa ikut mengasah kreativitas lewat workshop atau kelas kreasi.

Untuk literasi, FESPIN 2022 secara khusus merilis buku kumpulan esai berjudul Payung Tradisi Nusantara yang ditulis 29 partisipan dari berbagai daerah di Indonesia. Seorang sejarawan Indonesia modern Prof. Dr. Peter Carey, juga ikut berpartisipasi dengan menuliskan kata pengantarnya.

3. Menampilkan Parade Berpayung Nusantara hingga Pergelaran Seni selama tiga hari

Pada 2 September sore, ada Parade Berpayung Nusantara. Belasan komunitas hingga sanggar siap untuk memikat hati Anda lewat kostum hingga atraksi unik selama pawai berlangsung. Setelah itu, Anda masih akan dimanjakan dengan flashmob dan pentas seni dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Pada Sabtu dan Minggu, ada Pergelaran Seni di Pendopo Puro Mangkunegaran masih akan berlanjut sampai festival usai.

Baca juga:
Cara Unik Pemkab Lamongan Naikkan Pamor Ikan Pindang

4. Menyuguhkan karya-karya dari desainer fesyen lokal

Festival Payung Indonesia 2022 punya satu persembahan khusus bagi anda penggemar fesyen. Pada Sabtu (3/9), Anda diundang untuk hadir ke Umbrella Fashion Show di Pendopo Puro Mangkunegaran. Ada 13 desainer dan komunitas yang siap memamerkan karya terbaik mereka. Antara lain Debora Art Fashion, Adeline Kusuma, Ras Wastra Indonesia, Ekeyla Narawa, dan masih banyak lagi. Seluruh busana yang akan diperagakan tetap menggunakan unsur payung.

5. Menjadi surga untuk belanja produk kriya, fesyen, hingga kuliner

Mumpung masih awal bulan, ayo belanja di Pasar Kreatif yang dibuka selama FESPIN 2022. Produk yang ditawarkan ada banyak banget. Mulai dari barang-barang fesyen sampai produk kriya. Cocok nih, untuk menjadi spot berburu oleh-oleh khas Solo sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi lewat kemajuan UMKM lokal.

Kalau perut sudah mulai keroncongan dan butuh makan untuk menambah energi, Anda bisa datang ke area bazar yang menjajakan makanan dan minuman. Pilihannya dijamin banyak. Mulai dari menu khas Solo sampai berbagai jajanan yang sedang viral.

Baca juga:
Hadir di FNRP 2022, Sandiaga Uno: Ini Bukti Konkrit Reog Milik Ponorogo

6. Dilangsungkan di spot wisata bernuansa klasik yang bikin foto-fotomu makin instagenic

Keistimewaan Festival Payung Indonesia 2022 sudah cukup banyak. Tetapi masih ada satu lagi yang spesial! Perhelatan akbar ini akan dilangsungkan di beberapa spot yang tersebar di Puro Mangkunegaran. Antara lain di Pamedan, Pendopo, dan Panggung Teratai. Artinya, Anda punya kesempatan untuk mengeksplorasi beberapa sisi instagenic di tempat wisata bersejarah yang bangunannya bergaya klasik.

Masih mau menambah foto dengan background yang unik sekaligus belanja kenang-kenangan lain dari Solo? Anda bisa keluar dari Puro Mangkunegaran dan berjalan kaki menuju ke Pasar Antik Triwindu. Piring-piring jadul, vas bunga, wayang, dan gamelan yang dijajakan oleh penjual bisa kamu jadikan latar berfoto ria.

Itulah ulasan singkat enam keistimewaan yang siap menyambut Anda kalau kamu datang ke Festival Payung Indonesia 2022. Anda bisa rekreasi dan berkreasi selama tiga hari. Tetapi jangan lupa tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, ya! Supaya makin aman dan nyaman, Anda juga harus ikut vaksin booster sebelum ke FESPIN 2022.