Pixel Code jatimnow.com

Copet Jangan Nekat! Stadion GBT Tambah Ratusan CCTV Jelang Piala AFC U-23 2023

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
CCTV bertebaran di sudut-sudut GBT. (Foto: Humas Pemkot Surabaya for jatimnow.com)
CCTV bertebaran di sudut-sudut GBT. (Foto: Humas Pemkot Surabaya for jatimnow.com)

Surabaya - Menjelang laga Piala AFC U-20 2023, Pemkot Surabaya menambahkan sebanyak 126 CCTV di area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). CCTV terpasang mulai dari area masuk, tempat parkir, hingga semua area di dalam GBT.

"Hari ini kami sedang proses uji coba pemasangan jaringan supaya bisa diakses melalui ruang kontrol atau yang biasa disebut VOC," ucap Kepala Diskominfo Surabaya M Fikser, Kamis (1/9/2022).

Rencananya, GBT akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan Grup F yang diisi Timnas Indonesia U-20, dari Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

Dari pemasangan CCTV itu, Kominfo Surabaya akan memonitor secara detail jalannya keamanan saat pertandingan. Baik di luar atau pun dalam stadion.

Baca juga:
Foto: Momen Indonesia Kalahkan Vietnam 3-2 di Kualifikasi AFC U20 2023

"Jadi, CCTV dan ruang kontrol itu dipasang untuk memantau dan memonitor semua keamana di seluruh area stadion,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Surabaya Tri Aji Nugroho menambahkan, sesuai standar yang akan bertugas di ruang kontrol itu adalah perwakilan semua pihak yang berkaitan dengan keamanan dan kesehatan. Mulai dari petugas kepolisian dan TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Kesehatan serta dinas terkait lainnya.

Baca juga:
Spanduk DPRD Surabaya di GBT Disorot, Ini Tanggapan Ketua Komisi C

Nantinya pengawas pertandingan, baik dari pihak AFC atau pun dari FIFA juga akan disediakan tempat di ruang kontrol tersebut untuk bersama-sama memantau jalannya pertandingan.

"Jadi perwakilan yang bertugas di ruang kontrol itu akan memantau semua area GBT. Apabila ada keramaian dan kondisi kedaruratan di suatu titik, dan itu terpantau kamera CCTV, maka perwakilan itu akan langsung menghubungi petugas yang ada di lapangan atau yang ada di luar ruang kontrol, sehingga dengan segera petugas yang ada di lapangan itu bisa langsung bergeser ke titik keramaian itu," jelasnya.