Pixel Code jatimnow.com

4 Ruang SDN Sumberwuluh Mojokerto Rusak Parah Sejak 2020, Kapan Diperbaiki?

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Achmad Supriyadi
Salah satu ruangan di SDN Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang rusak parah.(Foto: Nor for jatimnow.com)
Salah satu ruangan di SDN Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang rusak parah.(Foto: Nor for jatimnow.com)

Mojokerto - Empat ruang di SDN Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, mengalami rusak parah. Mirisnya lagi, kerusakan terjadi sejak 2020 namun hingga sekarang tak kunjung diperbaiki. Empat ruangan yang rusak adalah kelas V, VI, kantor dan ruang guru. Akibatnya, para siswa serta guru harus memakai ruangan UKS untuk kegiatan belajar mengajar dan penyimpanan alat olahraga.

Kepala SDN Sumberwuluh Lilik Budiastutik mengatakan, para siswa dipindahkan ke ruangan lain demi keselamatan.

"Ia memang dari awal saya masuk Februari tahun ini, ke empat ruangan sudah seperti itu. Lalu saya putuskan untuk memindahkan siswa kelas VI ke ruang UKS dan ruang olahraga. Untuk ruang guru dipindah ke bangunan yang dekat musala, dijadikan ruang guru. Sedang satu ruangan (bekas kasek) di gedung yang rusak dipakai untuk dapur, UKS, sama olahraga juga," kata Lilik, Jumat (2/9/2022).

Ia menambahkan, proposal rehabilitasi bangunan sudah diajukan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Namun pihak Dinas Pendidikan menjanjikan perencanaan rehabilitasi gedung pada 2023.

"Sebelum saya masuk, sekolah sudah mengajukan proposal. Katanya 2022 ini, ternyata belum dan mengutamakan yang lainnya. Lalu saat saya sekarang, sekolah saya minta mengajukan lagi proposal. Dari Diknas bilangnya masuk 2023 nanti," terangnya.

Baca juga:
Ratusan Sekolah Rusak Terbengkalai dan Menunggu Perbaikan

Sementara itu, salah satu siswa kelas VI Adelia mengaku harus berpindah ruang kelas di bangunan yang masih dalam kondisi layak.

"Waktu kelas V itu atapnya mau roboh, dadi dipindah. Tapi waktu pindah kelasnya kesempitan. Jadi dipindah lagi, tapi atapnya juga bolong yang sekarang," cetusnya.

Baca juga:
Makin Berbahaya, Siswa SDN 2 Karangpatihan Ponorogo Pindah ke Rumah Warga

Di tempat yang sama, puluhan siswa berharap sekolah mereka segera diperbaiki supaya bisa belajar dan menuntut ilmu dengan tenang, nyaman dan aman.

"Ingin sekolah cepat diperbaiki," cetus para siswa.