Pixel Code jatimnow.com

Gebyar Aksi Sosial Hingga Lomba K-Pop Meriahkan HUT ke-21 Demokrat di Jatim

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Pengurus Demokrat Jatim saat menggelar rapat menyongsong HUT ke-21.(Foto: Demokrat Jatim/jatimnow.com)
Pengurus Demokrat Jatim saat menggelar rapat menyongsong HUT ke-21.(Foto: Demokrat Jatim/jatimnow.com)

Surabaya - Partai Demokrat akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 pada 9 September 2022. Perayaan akan digelar serentak hingga pengurus cabang sesuai arahan dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Di Jawa Timur (Jatim), beragam kegiatan menarik telah disiapkan.

Bendahara DPD Partai Demokrat Jatim dr Agung Mulyono mengatakan bahwa rangkaian peringatan HUT ke-21 Partai Demokrat dimulai pada 6 September dan puncaknya pada 9 September 2022. Kegiatan berlangsung di Rumah AHY, Jalan Jemursari Nomor 56 , Surabaya. Konsep HUT ke-21 Partai Demokrat adalah Sehat, Berbagi dan Bahagia.

"Sebab Partai Demokrat tahu, kondisi masyarakat semakin berat setelah Covid-19. Sekarang ditambah kenaikan harga BBM. Untuk itu, Demokrat hadir memberikan solusi dan berbagi dengan masyarakat di peringatan HUT ke-21 tahun ini," ujar Agung dalam keterangan resminya, Selasa (6/9/2022).

Rangkaian kegiatan HUT ke-21 Partai Demokrat akan diisi dengan pengobatan gratis, donor darah dan khitanan massal gratis. Lalu ada K-Pop Dance Cover Competition, jalan sehat untuk umum, pembagian sembako dan nasi kotak hingga bincang asyik bersama Milenial Demokrat.

"Ada beragam hadiah doorprize yang menarik. Harapan kami, masyarakat menyambut dengan baik. Peringatan HUT Partai Demokrat sekaligus menandai mesin Partai Demokrat tancap gas menghadapi Pemilu 2024," imbuh Agung.

Politikus asal Banyuwangi itu mengimbau seluruh DPD Partai Demokrat kabupaten/kota di Jatim serentak melakukan hal yang sama untuk memeriahkan HUT ke-21. Sekaligus berbagi dengan masyarakat sebagai bukti Demokrat selalu hadir memberikan solusi bagi masyarakat.

Sekretaris Panitia HUT ke-21 Partai Demokrat Jatim Novita Dwi Riani menjelaskan, lomba dance K-Pop sengaja dipilih karena tren anak muda khususnya pelajar SMA/SMK antusiasmenya sangat besar. Hingga saat ini sudah ada 5 grup masing-masing beranggotakan 9 orang yang mendaftar. Targetnya, lomba dance K-Pop diikuti minimal 20 grup.

Baca juga:
Sosok Emil Dardak Disebut Pendongkrak Elektabilitas Demokrat Jatim

"Kami ingin menggaet kaum milenial untuk paham dan melek dengan politik. Anak muda jangan takut politik. Sebab milenial-milenial ini yang akan meneruskan apa yang ada di demokrat sekarang. Tagline kami adalah Muda itu Kekuatan," jelas Novy.

Wakil Ketua DPD PD Jatim Ali Affandi menambahkan, anak muda adalah pemilik suara terbanyak pada pemilu mendatang. Sayangnya, milenial yang melek politik masih minim. Untuk itu Milenial Demokrat Jatim ingin mengajak anak-anak muda supaya tidak apatis dengan politik.

"Selama ini milenial selalu dijadikan objek, bukan sebagai pelaku. Nah Alhamdulillah, di Demokrat ini Mas Emil sebagai figur Ketua DPD melibatkan simpul-simpul milenial dalam berbagai kegiatan termasuk HUT ke-21 Tahun ini," ucapnya.

Baca juga:
Head to Head Demokrat dan PDI Perjuangan di Jatim, Ini Kata Pengamat

Partai Demokrat aktif melibatkan milenial yang bergerak di bidang sosial media, pengusaha, pendidikan, aktivis dan sebagainya. Tujuannya agar milenial melek politik. Jadi kalau dilihat Gen Y dan Gen Z ini sadar politik tapi untuk mengubah ke perilaku politik sangat susah sehingga apatisme masih tinggi.

"Untuk itu kami menggandeng influencer seperti Mbak Dita itu untuk bisa mendidik bahwa pergerakan bangsa ini sekarang ditentukan anak milenial. Gen Z dan Gen Y dan gerbongnya harus semakin solid untuk Partai Demokrat maupun bangsa Indonesia," kata Andi.