Pixel Code jatimnow.com

Sukses Kembangkan Wisata Sejarah di Kota Mojokerto, Ning Ita Raih Penghargaan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan.(Foto: Fauzan for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan.(Foto: Fauzan for jatimnow.com)

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meraih penghargaan dari MNC Group dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) season IX, kategori Best in Leadership on Historical Tourism. Sosok yang akrab disapa Ning Ita ini dinilai sukses melakukan city branding Spirit of Majapahit di Kota Mojokerto.

Ning Ita menjadi kepala daerah wanita satu-satunya yang mendapat penghargaan di IVL season IX. Tawaran destinasi wisata berbasis sejarah di Mojokerto menjadi kekuatan dalam upaya pemberdayaan kota. Berbagai pembangunan infrastruktur untuk penunjang ekonomi dan pariwisata juga telah dilakukan dengan baik oleh perempuan berusia 43 tahun ini.

Penghargaan diserahkan dalam malam puncak Inagurasi Indonesia Visionary Leader 2022 Sesion IX, X, dan XI. Acara berlangsung di MNC Conference Hall, Inews Tower, Jakarta, Senin (5/9/2022) malam.

"Terima kasih banyak atas apresiasi yang diberikan MNC Group. Penghargaan ini merupakan sebuah motivasi, semoga bisa menambah semangat saya dan seluruh pihak untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota wisata yang berbasis sejarah dan budaya," ujar Ning Ita.

Kota Mojokerto tidak lepas dari sejarah besar Kerajaan Majapahit dan perjalanan masa kecil sang Proklamator bangsa Ir. Soekarno. Dua sejarah besar bangsa Indonesia ini merupakan sebuah kekuatan bagi Kota Mojokerto dalam mewujudkan kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya.

Sebelum diselenggarakan malam puncak inagurasi, telah dilakukan presentasi dan penjurian pada Maret 2022. Adapun juri dalam IVL 2022 di antaranya Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri DR. Akmal Malik, M.Si, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI Prof DR. Budi F, SE, M.Kom, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI Prof Robert Simanjuntak Ph.D, Ketua Pembina Indonesia Insitute For Corporate Directorship Ir. Andi Ilham Said, Ph.D, serta Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, DR. Gungun Heriyanto, M.Si.

Baca juga:
Kacang Telur Kota Mojokerto Tembus Pasar Internasional

"IVL adalah signeture program yang telah jadi komitmen dari MNC Portal Indonesia untuk ikut andil dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang tangguh, yang memiliki visi yang memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa. Tetapi tetap mampu memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat," ujar Komisaris Utama PT. MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna dalam sambutannya.

IVL merupakan program strategis yang diselenggarakan secara berkala oleh MNC Portal Indonesia sejak 2017. Tujuannya untuk mengetahui upaya yang dilakukan para kepala daerah dalam merumuskan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan visi hebatnya dalam wilayah kerja masing-masing.

Turut hadir tokoh-tokoh Nasional dalam malam puncak inagurasi IVL 2022. Di antaranya Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, serta Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly.

Baca juga:
Ning Ita Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif dan Perempuan Pilihan

Sebagai informasi, 5 kepala daerah dari Jawa Timur yang berhasil meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader 2022 adalah Wali Kota Mojokerto Ika Psupitasari, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Madiun Maidi, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.