Pixel Code jatimnow.com

112 Korban PHK dan Pencari Kerja Digembleng di UPT BLK Ponorogo

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Pelatihan di BLK Ponorogo.(Foto: Dok. BLK Ponorogo)
Pelatihan di BLK Ponorogo.(Foto: Dok. BLK Ponorogo)

Ponorogo - Sebanyak 112 orang mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur. Kegiatan terbagi dalam 7 paket pelatihan.

“Mereka merupakan pencari kerja dan ada juga korban PHK yang ingin meningkatkan kompetensi,” ujar kepala UPT BLK Ponorogo Tri Wahyanto, Selasa (6/9/2022).

Setelah selesai mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan bisa terserap di dunia kerja. Atau bahkan bisa mandiri mendirikan lapangan kerja. Kebanyakan peserta pelatihan mengambil bidang las dan komputer.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jawa Timur Sunarya menambahkan, ini merupakan kegiatan rutin yang digelar BLK Ponorogo. Yakni, pelatihan terhadap anak muda mencari kerja dan korban PHK.

Baca juga:
6 Pelatihan Kerja Gratis untuk Warga Surabaya, Yuk Simak Syaratnya!

“Meningkatkan kompetensi sesuai kejuruan yang diikuti untuk bersaing di pasar kerja. Nanti setelah pelatihan ada sertifikat kompetensi,” kata Sunarya.

Peserta pelatihan tidak hanya dari Bumi Reog saja. Tetapi ada juga dari daerah tetangga seperti Kabupaten Magetan dan Pacitan.

Baca juga:
Tak Bisa Temui Anggota Dewan, LSM Segel Ruang Kantor DPRD Kota Probolinggo

“Mereka lulusan SMK, ada juga yang sarjana. Mereka ikut karena perlu meningkatkan kompetensi,” pungkasnya.