Pixel Code jatimnow.com

Pot Estetik Berbahan Galon Bekas, Sumber Cuan Pria Jombang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Jatayu saat melihatkan koleksi pot bunga dari galon bekas, yang memiliki nilai jual tinggi. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Jatayu saat melihatkan koleksi pot bunga dari galon bekas, yang memiliki nilai jual tinggi. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Jatayu Adi Kusuma (40) warga Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, mampu mengolah sampah bekas menjadi barang bernilai jual tinggi. Ia melukis galon bekas untuk dijadikan pot tanaman. Jatayu pun mendapat banyak cuan dari karya estetiknya itu.

Jangan heran, saat melintas di daerah RT 1 RW 1, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, depan rumah nomor 12, akan dijumpai tumpukan galon bekas yang berjajar rapi. Dua orang pemuda tampak tengah serius mengolah galon bekas untuk dijadikan pot bunga.

Mereka tak hanya mewarnai galon dengan cat. Mereka juga melukis beragam karakter lucu untuk menambah nilai keindahan pada pot bunga.

Ya, disitulah tempat Jatayu mengolah barang bekas menjadi barang baru yang memiliki nilai jual tinggi.

Saat ditemui di rumahnya, Jatayu mengaku mendapatkan ide untuk mengolah galon bekas menjadi pot ini, lantaran khawatir dengan kian banyaknya sampah plastik di bank sampah Kelurahan Kaliwungu.

“Ide ini muncul setelah melihat banyaknya galon yang tertimbun di bank sampah Kelurahan Kaliwungu. Lalu kita berinisiatif untuk membuat pot bunga berbahan galon bekas,’’ ungkap Jatayu, Kamis (8/9/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan demi mendapatkan nilai jual yang tinggi, ia harus menambah beragam lukisan karakter unik dan lucu yang digemari anak-anak. Semisal karakter kartun dan tokoh animasi yang sedang populer di kalangan anak-anak.

Baca juga:
Polisi Ungkap Ciri-ciri dan Sketsa Wajah Balita Tewas di Sungai Sumobito Jombang

"Warnanya juga dipilih yang lebih ngejreng agar lebih menarik perhatian. Ini kita buat dalam berbagai jenis, mulai pot biasa, pot gantung hingga pot susun yang terdiri dari tiga jenis," paparnya.

Usai melewati proses hias, Jayatu mengaku secara otomatis harga jual pot bunga lebih meningkat. Ia mendapatkan galon bekas dengan harga yang terjangkau. Usai dihias, setiap pot mampu dijual mulai harga Rp20 hingga Rp30 ribu.

"Belinya kiloan. Setelah kita olah kemudian kita hias galon bekas, kemudian kita jual sesuai pasaran," bebernya.

Tak hanya menjadi pot tanaman, Jatayu juga membuat lampion dari galon bekas. Bentuknya hampir sama, hanya beda pemanfaatannya.

Baca juga:
Ada Indikasi Kekerasan, Temuan Jasad Balita di Sumobito Jombang Akan Diautopsi

Namun paling banyak kita membuat pot," katanya.

Ia menyebut, sementara ini pesanan masih datang dari Jombang. Dan untuk pemasaran ia memanfaatkan media sosial dan informasi dari mulut ke mulut.

"Kita pasarkan secara online serta kita display dirumah agar orang-orang dilingkungan kita tahu," pungkasnya.