Pixel Code jatimnow.com

ITTelkom Beri Aplikasi Pencatatan Otomatis ke Kios Air Isi Ulang di Mojokerto

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Tim Pengmas ITTelkom Surabaya saat sosialisasi Aplikasi ke UMKM air minum isi ulang di Mojokerto (Foto: Cahya for jatimnow.com)
Tim Pengmas ITTelkom Surabaya saat sosialisasi Aplikasi ke UMKM air minum isi ulang di Mojokerto (Foto: Cahya for jatimnow.com)

Surabaya - Program pengabdian masyarakat ITTelkom Surabaya memberikan karya inovasi berupa aplikasi bergerak untuk pemesanan air minum isi ulang kepada salah pemilik Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Mojokerto.

Pengabdian masyarakat itu dilakukan tiga dosen ITTelkom Surabaya, yaitu Rokhmatul Insani selaku ketua, Muhammad Nasrullah, Noerma Pudji Istyanto serta dua mahasiswa Tyrela Disya Arivani (Sistem Informasi 2019) dan Tasya Andini Tesalonika (Sistem Informasi 2019).

Ketua Pelaksana Pengmas ITTelkom, Rokhmatul Insani menjelaskan aplikasi ciptaannya itu dapat diakses melalui smartphone. Aplikasi itu untuk dapat mengelola pencatatan pemesanan pada depo air minum isi ulang.

"Program ini kami laksanakan di daerah Mojokerto dan bekerja sama dengan UMKM daerah setempat. PKM ini dimulai dengan proses pembuatan aplikasi bergerak kemudian dilakukan sosialisai pemakaian aplikasi kepada Depo Bahagia," ujar Insani, Minggu (11/9/2022).

Insani mengatakan, pembuatan aplikasi tersebut berangkat dari kendala pengelolaan sistem manual atau masih sering terjadi kesalahan input dan penjualan air bersih yang dilakukan oleh pemilik depo tersebut.

Baca juga:
Khofifah Ingin UMKM Jatim Naik Kelas, Tersertifikasi hingga Terstandarkan

Sementara proses pembuat aplikasi bergerak itu dimulai dari perancangan dan mebimbing cara penggunaannya hingga membutuhkan waktu 6 bulan.

"Berdasarkan sosialisasi tersebut pemilik depo merasa terbantu dengan aplikasi tersebut. Harapan ke depannya semoga dengan adanya inovasi yang diberikan dapat membantu para UMKM depo air minum isi ulang dalam mengelola usahanya," papar dia.

Baca juga:
Kacang Telur Kota Mojokerto Tembus Pasar Internasional

Tidak hanya mampu mencatat proses pemesanan lebih mudah dan menghindari kelalaian manusia, lewat aplikasi ini, para pelaku UMKM di bidang air isi ulang juga mudah untuk melakukan rekapitulasi pemesanan untuk laporan bulanan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan proses bisnis serta meningkatkan daya saing pada mitra," tandasnya.