Pixel Code jatimnow.com

Imbas BBM Naik, Ini Tarif Baru Angkutan Jeep Wisata Gunung Bromo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Deretan Jeep Hardtop Wisata Gunung Bromo. (Foto: Moch. Rois/jatimnow.com)
Deretan Jeep Hardtop Wisata Gunung Bromo. (Foto: Moch. Rois/jatimnow.com)

Pasuruan - Angkutan mobil Jeep Hardtop wisata Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan mengalami penyesuaian tarif akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kenaikannya hanya sekitar Rp50 ribu.

"Imbas kenaikan BBM ini ada penyesuaian tarif. Kenaikannya hanya Rp50 ribu," jelas anggota Paguyupan Hardtop Brang Kulon Tengger Pasuruan, Singgih, Selasa (13/9/2022).

Yoga yang juga salah seorang driver mengatakan, sebelum BBM naik, sewa 1 unit Jeep seharga Rp600 ribu untuk sekali trip. Dengan penyesuaian tarif sebesar Rp50 ribu, jadi total sewa 1 unit Jeep menjadi Rp650 ribu untuk sekali trip.

"Untuk startnya bisa di rest area wisata di samping Kantor Kecamatan Tosari, atau bisa juga di rest area Pendopo Agung Desa Wonokitri," ucap Yoga.

Terkait tiket memasuki wisata alam Gunung Bromo bisa diorder secara online melalui web yang disediakan manajemen Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Namun, jika pengunjung kesulitan, order tiket wisata bisa dibantu oleh driver Jeep Hardtop.

Baca juga:
Cara Forum Lalu Lintas Pasuruan Mengantisipasi Jeep Wisata Bromo Masuk Jurang

"Kalau tiketnya booking online di webnya TNBTS. Kalau kesulitan bisa kami bantu. Untuk harganya kalau weekend sekitar Rp35 ribu per orang. Kalau hari biasa harganya Rp30 ribu," lanjutnya.

Untuk rute trip wisata yang ditempuh baik dari rest area ataupun di pendopo agung semuanya sama. Wisatawan akan terlebih dahulu dibawa ke spot penanjakan untuk menikmati keindahan Gunung Bromo dan lautan pasir yang mengelilinya.

Baca juga:
5 Berita Trending Pekan Ini Penuh Kabar Miris dan Tragis

Setelah itu, pengunjung akan dibawa turun langsung ke Bukit Teletabies, lalu ke pasir berbisik dan setelah ke kawah, kemudian pulang ke rest area atau pendop agung.

"Biasanya kalau ingin menikmati sunrise di penanjakan, start dari rest area pukul 03.00 WIB. Kembalinya sekitar pukul 10.00 WIB sampai. Kalau sampai pukul 12.00 WIB lebih ya biasanya pengunjung beri tambahan uang makan untuk driver. Kalau pengunjung yang menghindari angin, biasanya start berangkat dari rest area sekitar pukul 07.00 WIB," tandasnya.