Pixel Code jatimnow.com

10 Motivasi Bisnis Pemula Agar Cepat Sukses!

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Simak 10 motivasi bisnis pemula agar bisnis yang dirintis cepat sukses dan cuan. Ini dia tips dan trik yang harus dikuasai!

jatimnow.com - Sebagai seorang pemula dalam hal bisnis, banyak yang perlu dipelajari bahkan sebelum rencana bisnis itu dijalankan. Dasar-dasar bisnis tersebut terangkum dalam banyak literasi tentang dari mana saja motivasi bisnis pemula bisa didapatkan.

Salah satunya adalah dengan melakukan survey pasar potensial dengan mengikuti perkembangan trend pada saat ini.

Misalnya dalam menjalankan operasional perusahaan, kamu perlu menggunakan saas atau software as service untuk pelayanan pelanggan dan integrasi keuangan bisnis.

Berikut ini adalah 10 motivasi bisnis pemula agar cepat sukses menjalankan usaha dengan memanfaatkan pengaruh besar dari dalam diri dan faktor eksternal yang bisa memberi dampak semangat pada seseorang yang ingin menjadi pebisnis sukses.

10 Motivasi Bisnis Agar Sukses

Bob Sadino, seorang tokoh besar di dunia bisnis Indonesia pernah melontarkan pernyataan, bahwa “bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang dimulai dan dibuka, bukan yang ditanyakan terus”.

Pernyataan tersebut membangun kesadaran bahwa motivasi bisnis pemula bisa didapatkan dari sebuah kata motivasi seorang pebisnis sukses.

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis yang direncanakan bisa sukses dan bertahan? Berikut adalah 10 motivasi bisnis agar sukses menjalankan usaha!

1. Membuat bisnis plan

Syarat pertama agar bisnis berjalan pada jalur yang benar adalah dengan membuat sebuah rencana bisnis. Kamu perlu membuat bisnis plan dengan rinci dan mendetail agar usaha yang dijalankan bisa sukses.

Pada dasarnya bisnis plan berisi tentang poin-poin penting seperti gambaran umum perusahaan, produk atau jasa yang akan dijual, analisis pasar, analisis kompetitor, rencana manajemen dan operasional, tim manajemen, serta rencana keuangan perusahaan.

2. Bekerja keras dan pantang menyerah

Jiwa pebisnis sukses bisa dilihat dari usahanya yang tidak pernah mengenal lelah, perlu mental baja untuk membangun sebuah bisnis yang besar. Seorang yang memiliki jiwa bisnis akan selalu berusaha keras dan pantang menyerah dengan berbagai kesulitan yang ditemui.

Mental yang tidak mudah menyerah tidak bisa didapatkan dengan waktu yang instan. Sebagian besar pebisnis sukses pasti pernah mengalami kegagalan sebelum mencapai kesuksesan.

Dari hal tersebut, kamu perlu bekerja keras dan pantang menyerah serta selalu berusaha untuk bangkit kembali saat menemui kesulitan.

3. Membangun sistem kerja yang baik

Bisnis yang baik adalah sebuah bisnis yang didalamnya terbentuk dari satu kesatuan sistem kerja yang baik. Butuh kerja keras untuk membangun sebuah bisnis, maka akan sia-sia rasanya jika usaha yang dirintis dari awal memiliki sistem kerja yang tidak terstruktur.

Bangun sistem kerja yang baik sesuai dengan kondisi usaha yang dijalankan. Buat skema perencanaan sesuai dengan bisnis plan yang dibuat, kemudian jalankan bisnis dengan mendahulukan kenyamanan pihak-pihak yang tergabung dengan usaha tersebut.

4. Selalu optimis

Saat ingin membangun sebuah bisnis, pikirkanlah bahwa usaha yang dibuat akan sukses. Rencana yang kamu buat adalah sebuah usaha besar, jangan sekali-kali menyebut bisnis dengan usaha kecil-kecilan, karena mindset tersebut keliru.

Kamu harus selalu membayangkan dan berusaha keras agar bisnis yang dijalankan akan selalu berkembang dan membawa kamu menjadi seorang pengusaha yang sukses.

5. Mengikuti perkembangan trend

Sebagai generasi yang hidup pada zaman yang serba modern dengan mengandalkan internet dalam setiap sendi kehidupan, bisnis yang dijalankan juga harus mengikuti perkembangan trend yang sedang disukai banyak orang.

Sebagai contoh, pada masa sekarang ini banyak penggiat bisnis yang sudah memberikan kemudahan untuk para customernya dengan memakai sistem pembayaran e-money atau secara online, tanpa perlu direpotkan dengan penggunaan pembayaran yang menyulitkan.

6. Berpikiran terbuka dan siap menerima masukan

Untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, kamu perlu memiliki kebijaksanaan dalam menanggapi berbagai macam keadaan yang mungkin tidak sesuai dengan harapan. Salah satu cara paling baik untuk menyikapi hal tersebut adalah dengan selalu berpikiran terbuka dan siap menerima masukan.

Keuntungan dari memiliki sifat berpikiran terbuka adalah kamu bisa menimbang secara rasional pendapat, masukan, serta kritik yang didapat dan membuatnya menjadi bahan koreksi diri secara pribadi dan diterapkan pada perencanaan evaluasi perusahaan agar bisa lebih baik lagi.

7. Tentukan role model tokoh sukses favorit

Banyak sekali motivasi bisnis pemula yang bisa didapatkan dari hal-hal yang tidak terduga, kamu mungkin pernah menonton film atau melihat seorang tokoh yang menginspirasi kamu hingga bisa lebih bersemangat menjadi orang yang memiliki usaha sukses, kamu bahkan bisa sukses dari mereka.

Dengan menonton film atau membaca buku biografi tokoh-tokoh bisnis yang sukses di dunia bisa menimbulkan rasa semangat dan mencari tahu bagaimana mereka bisa jatuh kemudian bangkit dari keterpurukan hingga bisnisnya bisa bertahan dan sukses besar.

8. Profesional dalam bekerja

Jangan biarkan bisnis kamu hancur karena kelalaian pribadi yang tidak profesional dalam menjalankan usaha yang sudah dirintis dengan susah payah. Sikap profesional dalam bekerja adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh semua orang, bukan hanya seorang pebisnis.

Maka, pastikan untuk memisahkan urusan bisnis dengan masalah pribadi, tentukan target yang ingin dicapai kemudian buat schedule rutin harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. Hal tersebut bisa membantu usaha kamu lebih profesional dan sukses.

9. Tekun dan Konsisten

Salah satu motivasi bisnis pemula yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan tekun dan konsisten pada bisnis yang dijalankan.

Banyaknya rintangan saat memulai dan menjalankan bisnis adalah hal wajar yang akan dilalui semua orang yang merintis bisnis dari nol.

10. Fokus pada Tujuan Awal

Pada awal menjalankan bisnis, kamu perlu membuat bisnis plan yang sudah diuraikan penjelasannya di poin pertama. Maka, yang harus kamu lakukan adalah fokus pada tujuan awal usaha didirikan.

Tidak masalah untuk melangkah secara perlahan menjalankan usaha, asalkan masih pada jalur perencanaan awal. Sikap ini butuh dilakukan untuk mengukur konsistensi pengusaha serta mengetahui apa saja evaluasi yang bisa dilakukan jika usaha mengalami kerugian.

Selain ambisi yang besar, memadukan bisnis dengan perkembangan teknologi juga perlu dipupuk dari mulai perencanaan awal.

Misalnya, ketika bisnis sudah berjalan kamu perlu memikirkan hal-hal dasar seperti lokasi usaha yang tepat, harga produk yang bersaing, juga metode pembayaran dan sistem payment yang saat ini sudah berkembang.

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis mengikuti laju zaman adalah dengan menjalankan operasional usaha menggunakan cara-cara simpel, terintegrasi, dan cerdas, seperti  kartu kredit virtual perusahaan.

Kamu bisa melakukan pengendalian untuk semua operasional payment yang dilakukan perusahaan seperti pembayaran gaji karyawan, klaim pengeluaran, dan lain-lain.

Sesuai dengan poin kelima dalam 10 motivasi bisnis pemula, mengikuti perkembangan trend adalah salah satu cara membangun bisnis yang sukses.