Pixel Code jatimnow.com

Rumah Terbakar di Surabaya, Balita Diselamatkan Aksi Heroik Satpam Kampung

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Petugas melakukan pembasahan di lokasi kebakaran. (Foto Info Kedaruratan 112 Surabaya)
Petugas melakukan pembasahan di lokasi kebakaran. (Foto Info Kedaruratan 112 Surabaya)

Surabaya - Sebuah rumah di kawasan padat pendukung di Jalan Donokerto VII, Kecamatan Simokerto, Surabaya mengalami kebakaran, Jumat (16/9/2022).

Akibat kebakaran tersebut dua orang penghuni yakni bapak dan anak balita nyaris ikut terpanggang. Namun, kedua orang itu masih bisa terselamatkan oleh petugas keamanan (Satpam) kampung yang memberanikan diri untuk menolongnya.

Peristiwa kebakaran tersebut dilaporkan oleh warga ke Command Center 112 Surabaya sekitar pukul 07.35 WIB. Dari laporan itu dugaan api berasal dari kompor yang terguling akibat penghuni rumah tersebut yang tidak sengaja menyenggolnya.

"Saat memasak, kompor tersenggol dan api merambat hingga membuat (istri) pemilik rumah tersebut panik dan keluar meninggalkan dapur," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (DPKP) Surabaya, Dedik Irianto.

Baca juga:
Jatimnow Hari Ini: Ibu dan Anak Tewas dalam Kebakaran Rumah

Dedik menyampaikan meski dilaporkan tidak ada korban jiwa kebakaran yang terjadi itu sempat membuat dua penghuni rumah yang masih berada di dalam, yakni suami dan satu anak balita nyaris ikut terbakar.

"Karena (suami) penghuni mengalami gangguan pengelihatan sehingga petugas dan warga setempat membantu menuntun keluar dari rumah. Sedangkan, anaknya balita yang di dalam rumah diselamatkan oleh petugas keamanan kampung," urainya.

Baca juga:
Belasan Kontainer Hangus Terbakar Gegara Tersambar Api Sampah

Dia menambahkan, dalam memadamkan kebakaran tersebut pihaknya menerjunkan 14 unit mobil Damkar dan pandaman dinyatakan serta kondusif sekitar pukul 08.31 WIB.