Pixel Code jatimnow.com

250 Delegasi B20 Kunjungi PIER, Dirut SIER: Momen Spesial Tarik Investor

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Farizal Tito
Dirut SIER Didik Prasetiyono, Ketum Kadin Surabaya Ali Affandi, Wakil Ketua Komtap Pertanian Kadin Indonesia Arief Budiman, Diru Utomo, Anthony Utomo saat berdiskusi mempersiapkan penyambutan 250 delegasi B20.(Foto: Sum for jatimnow.com)
Dirut SIER Didik Prasetiyono, Ketum Kadin Surabaya Ali Affandi, Wakil Ketua Komtap Pertanian Kadin Indonesia Arief Budiman, Diru Utomo, Anthony Utomo saat berdiskusi mempersiapkan penyambutan 250 delegasi B20.(Foto: Sum for jatimnow.com)

Surabaya - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) akan kedatangan 250 delegasi Business 20 atau B20, forum yang digelar bersama Kadin Indonesia sebagai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Para delegasi rencananya mengunjungi Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), salah satu kawasan industri yang dikelola SIER, Sabtu (17/9/2022).

Direktur Utama (Dirut) PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan, kehadiran delegasi B20 di PIER adalah momentum strategis untuk memperkenalkan kemajuan pengelolaan kawasan industri Indonesia kepada publik internasional.

“Ini milestone bukan hanya bagi SIER, tapi juga pengelolaan kawasan industri di Tanah Air secara umum. Betapa Indonesia telah mengalami lompatan-lompatan besar dalam pengelolaan kawasan industri, dan itu yang akan ditunjukkan kepada delegasi B20 dari berbagai negara. Sehingga momen B20 menjadi akselerator untuk menarik sebanyak mungkin investor masuk ke kawasan-kawasan industri di Indonesia, khususnya PIER,” ujar Didik, Jumat (16/9/2022).

SIER secara khusus telah membentuk tim untuk menyiapkan kegiatan B20 di PIER.

“Kami sangat siap menyambut para delegasi B20 ke PIER. Kami telah memiliki sejumlah rencana untuk memperlihatkan bagaimana strategisnya PIER sebagai kawasan industri di Jawa Timur, sehingga layak menjadi destinasi favorit untuk berinvestasi," ujar Didik.

SIER merupakan kawasan industri terintegrasi yang modern dan berkelanjutan. SIER adalah perusahaan yang mengelola PIER dengan luasan lahan lebih dari 563 hektare. SIER juga mengelola kawasan industri 245 hektare di Rungkut (Surabaya), serta 87 hektare di Berbek (Sidoarjo).

"Kami akan mengajak delegasi B20 bersama perwakilan konsuler jenderal negara sahabat yang kami undang untuk berkeliling kawasan PIER, termasuk ke tempat pengolahan limbah yang kami kelola secara modern,” papar Didik.

Didik mengatakan, pihaknya menaruh perhatian khusus pada pengolahan limbah sebagai faktor pendukung utama terciptanya kawasan industri yang berkelanjutan. Pengolahan limbah di kawasan yang dikelola SIER termasuk yang terbaik yang dimiliki holding BUMN Danareksa.

Baca juga:
SIER Pamerkan Kawasan Industri yang Berkelanjutan di Hadapan Delegasi B20

“Di Jawa Timur, kami yang terbesar dalam kapasitas pengolahan limbah cair. Di PIER dengan kapasitas 14.000 meter kubik per hari, dan di kawasan Rungkut 10.000 meter kubik per hari," terangnya.

Didik optimistis Forum B20 yang mengintegrasikan kunjungan delegasi di Surabaya dan Pasuruan akan memberi dampak ekonomi bagi kedua daerah, bahkan bagi Jawa Timur.

“Ini kesempatan kami bersama untuk menunjukkan bahwa Surabaya, Pasuruan, dan Jawa Timur adalah destinasi favorit investasi dengan berbagai faktor pendukung yang lengkap,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang didapat Didik, akan ada sebanyak 250 delegasi dari berbagai negara yang akan datang ke Surabaya mengikuti Forum B20 yang digelar pada 14-17 September 2022 bersama Kadin Indonesia. Forum ini merupakan kegiatan pendukung atau side events menuju puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca juga:
SMAN 5 Surabaya Gelar Turnamen SMALA Cup 2022 di SIER Sport Arena

"Sebanyak 250 delegasi itu termasuk peserta yang hadir secara daring, karena beberapa acara dikonsep hybrid. Mereka datang dari perwakilan negara G20, dunia industri, akademisi, penggerak lingkungan dan bisnis serta stakeholder tingkat dunia lainnya," jelas Didik.

Diketahui, B20 adalah salah satu engagement group terkemuka di dalam G20. B20 melibatkan banyak perusahaan serta organisasi bisnis. Mereka yang berada di dalamnya umumnya merupakan pemimpin perusahaan, tokoh bisnis, dan peneliti dunia usaha dari berbagai negara.

Rangkaian B20 di Surabaya akan diisi dengan diskusi bisnis, melihat berbagai keindahan Surabaya seperti Tunjungan Romansa, berkeliling dengan Surabaya Green Bus, hingga menikmati parade Oud Soerabaja di sepanjang kawasan Tunjungan dan pameran fotografi di Alun-Alun Surabaya.