Pixel Code jatimnow.com

Gilas Hongkong 5-1, Timnas Indonesia Puncaki Klasemen Grup F Piala AFC U20

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Marselino saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hongkong.(Foto: Ian Dryan for jatimnow.com)
Marselino saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hongkong.(Foto: Ian Dryan for jatimnow.com)

Surabaya - Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Hongkong dengan skor 5-1 dalam babak lanjutan kualifikasi Grup F Piala AFC U20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam. Ini merupakan laga kedua setelah sebelumnya Indonesia menekuk Timnas Timor Leste dengan skor 4-0. Dengan dua kali kemenangan, Indonesia untuk sementara memimpin klasemen Grup F dengan koleksi 6 poin, memasukan 9 gol dan kemasukan 1 gol.

Anak asuh Shin Tae-yong langsung tampil menekan sejak peluit kick off ditiup wasit Rustam Rutfullin asal Uzbeikistan. Dominasi Indonesia ditunjukkan dengan gol Rabbani Tasnim Siddiq. Kemudian disusul gol Alfriyanto Niko menit 22 dan Zanadin Faris pada menit 43, sehingga membuat Indonesia unggul 3-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, permainan Garuda Muda sempat mengalami sedikit penuruan hingga para penyerang Hongkong memiliki ruang gerak ke area pertahanan Indonesia. Momen emas didapat Hongkong saat salah satu pemain Indonesia melalukan handball di kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih.

Tendangan Chen Ngo Hin yang menjadi eksekutor penalti sebenarnya mampu ditepis kiper muda Indonesia Aditya Arya Nugraha. Namun bola muntah kembali disambar Chen hingga tercipta gol menit 63.

Aditya masuk menit 62. Kiper asal Persebaya itu menggantikan Cahya Supriadi yang harus dilarikan ke rumah sakit akibat cedera saat mengamankan bola.

Merasa timnya mulai kedodoran, pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi pemain. Di menit 80, ia menarik keluar 2 pemain sekaligus. Arsa Ramadan digantikan Marselino dan Alfriyanto digantikan Robi Darwis.

Baca juga:
Gol Injury Time Barito Putera Buyarkan Pesta Kemenangan Persik Kediri

Pergantian ini sangat efektif. Skuat Garuda Muda kembali mengambil alih permainan dan menambah perolehan gol melalui kaki Marselino menit 86 dan 90 (penalti). Skor akhir 5-1 membuat Indonesia memuncaki klasemen Grup F.

"Seperti yang kami lihat dalam pertandingan ini bahwa semua pemain sudah bekerja dengan baik," kata Shin Tae-yong di sesi press conference seusai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menyebut bahwa kondisi kiper Cahya Pribadi yang sempat dilarikan ke rumah sakit sudah mulai membaik.

Baca juga:
Asisten Manajer Deltras Mundur, Hendak Berlabuh di Mana?

"Sebelum ke sini (press conference) saya sempat video call dengan Cahya. Dia sudah tidak ada masalah. Kondisinya sudah mulai membaik,' tegas Shin Tae-yong.