Pixel Code jatimnow.com

Kalahkan Vietnam 3-2, Indonesia Lolos ke AFC U20 2023 Uzbekistan

Editor : Arina Pramudita Reporter : Sahlul Fahmi
Shin Tae-yong saat berkeliling lapangan menyapa penonton seusai pertandingan Indonesia vs Vietnam (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Shin Tae-yong saat berkeliling lapangan menyapa penonton seusai pertandingan Indonesia vs Vietnam (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Surabaya - Timnas Indonesia U20 memastikan diri lolos ke putaran final Piala AFC U20 2023 di Uzbekistan setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Kemenangan Indonesia ini didapat secara dramatis. Di babak pertama kedua tim menyuguhkan permainan cepat dan agresif. Kedua tim begitu ngotot ingin mencetak gol. Namun adu kuat dibabak pertama ini berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia Shin Tae-yong mencoba melakukan rotasi dengan memasukan Marselino Ferdinand.

Taktik ini pun jitu, pemain asal Persebaya ini mampu merusak pertahanan Vietnam dan berhasil mencetak gol di menit 60.

Namun sayang, selang 6 menit kemudian gawang Indonesia bobol oleh gol bunuh diri Muhammad Ferarri yang tengah berusaha menghalau penyerang Vietnam menit 66 yang . Momen mengejutkan terjadi saat pemain Vietnam Dinh Xuan Tien mencetak gol menit 79. Skor berbalik untuk kemenangan Vietnam 1-2.

Dalam kondisi tertinggal, Shin Tae-yong tak henti-hentinya menyemangati anak asuhnya sambil memberikan instruksi hingga pada menit 82 tandukan Muhammad Ferarri berbuah menjadi gol. Ferrari seakan membayar lunas gol bunuh diri yang buat sebelumnya.

Baca juga:
Foto: Momen Indonesia Kalahkan Vietnam 3-2 di Kualifikasi AFC U20 2023

Berhasil menyamakan kedudukan 2-2 membuat mental para pemain Indonesia kian terangkat. Mereka tampil lebih percara diri hingga mampu menekan ke area pertahanan Vietnam. Momen yang ditunggu-tunggu pun datang saat Rabbani Tasnim Siddiq merobek jala Vietnam menit 85. Gol Rabbani menjadi penentu kemenangan Garuda Muda.

Setelah pertandingan, pelatih Shin Tae-yong beserta seluruh tim pelatih, pemain dan official berkeliling lapangan untuk menyapa dan berucap terima kasih kepada penonton yang hadir di Stadion Gelora Bung Tomo.

"Saya bangga kepada pemain yang sudah bekerja keras memenangi pertandingan," kata Shin Tae-yong dalam sesi press conference.

Baca juga:
Spanduk DPRD Surabaya di GBT Disorot, Ini Tanggapan Ketua Komisi C

Pelatih asal Korea Selatan ini juga menyebut bahwa setelah berhasil menang dari tim Vietnam anak asuhnya kini lebih percaya diri di putaran final Piala AFC U20 2023 yang akan digelar di Uzbekistan.

"Sekarang tim ini jadi lebih kuat," tegasnya.