Pixel Code jatimnow.com

Sosok Emil Dardak Disebut Pendongkrak Elektabilitas Demokrat Jatim

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Emil Elestianto Dardak.(Foto: Humas Pemprov Jatim/jatimnow.com)
Emil Elestianto Dardak.(Foto: Humas Pemprov Jatim/jatimnow.com)

Surabaya - Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyatakan elektabilitas Partai Demokrat di Jawa Timur naik siginikan dalam tiga bulan terakhir. Data yang dirilis ARCI, elektabilitas partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencapai 9,7 persen.

Perolehan itu menempatkan Demokrat berada di posisi kelima di Jatim, di bawah Golkar 10,2 persen, Gerindra 15,4 persen, PDIP 16,1 persen dan PKB 16,8 persen. Elektabilitas Demokrat melonjak tajam dari survei ARCI tiga bulan lalu yang hanya meraih 6,17 persen.

"Kenaikan ini karena faktor keterkenalan dari Emil Dardak yang disukai generasi milenial," ucap Direktur ARCI Baihaqi Siraijt saat dihubungi, Selasa (20/9/2022).

Baca juga:
Head to Head Demokrat dan PDI Perjuangan di Jatim, Ini Kata Pengamat

Menurutnya, sosok Emil yang direpresentasikan sebagai figur muda dan cerdas mampu menarik suara millenial untuk memilih Partai Demokrat. Ditambah, beberapa kali Demokrat juga dengan tegas berkubu pada rakyat dalam kebijakan-kebijakan pemerintah yang kontroversial.

"Emil faktor yang muda dan cerdas. Ini yang menjadi faktor utama. Memang ini berperan penting membuat Demokrat naik siginifikan," tambahnya.

Baca juga:
AHY Beberkan Solusi Tekan Dampak Beban Kenaikan BBM bagi Warga

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8 persen.