Pixel Code jatimnow.com

Pabrik Kertas di Kabupaten Malang Terbakar sejak Jumat, Kerugian Capai 25 Miliar

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Pabrik PT Kurnia Mandiri yang terbakar. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Pabrik PT Kurnia Mandiri yang terbakar. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kabupaten Malang - Pabrik PT Kurnia Mandiri yang memproduksi kertas di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang terbakar pada Jumat (16/9/2022) lalu. Namun karena banyak bahan yang mudah terbakar, api pun baru bisa dipadamkan pada Senin (19/9/2022), dan baru benar-benar tuntas pada Selasa (20/9/2022) ini.

Dari tafsiran dampak kebakaran, pemilik merugi hingga Rp25 miliar. Untung saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Damkar Kabupaten Malang, Goly Karyanto membenarkan hal tersebut.

"Ya kita memang membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk memadamkan kebakaran tersebut. Belasan armada pemadam diterjunkan untuk memadamkan api. Total ada 22 armada," jelasnya.

Baca juga:
Gudang Rongsokan Ludes Terbakar

Kebakaran ini dilaporkan melahap hampir 50 persen kawasan pabrik dengan kisaran kerugian Rp25 miliar. Dugaan kuat penyebab kebakaran yaitu korsleting listrik.

"Untuk kendala pemadaman kemarin selain banyak bahan yang mudah terbakar, hal lainnya yaitu minimnya hidran sehingga mobil pemadam harus menunggu suplai air dari mobil tangki," paparnya.

Baca juga:
Jatimnow Hari Ini: Ibu dan Anak Tewas dalam Kebakaran Rumah

Sebelumnya, pabrik yang memproduksi kertas di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang terbakar hebat, Jumat (16/9/2022). Informasi yang diperoleh, kebakaran tersebut terjadi pada pukul 14.45 WIB. Api diketahui berasal dari gudang belakang dan langsung membesar.