Pixel Code jatimnow.com

Arkeolog Temukan Yoni di Sekitar Situs Mbah Blawu, Berkaitan dengan Peribadatan?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Yoni yang terbuat dari batu ditemukan di tumpukan limbah B3 yang ada di situs Mbah Blawu. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Yoni yang terbuat dari batu ditemukan di tumpukan limbah B3 yang ada di situs Mbah Blawu. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Tim peneliti dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jatim, wilayah XI menemukan Yoni yang terbuat dari batuan andesit di sela-sela tumpukan limbah B3. Lokasinya ada di sekitar situs Mbah Blawu.

Namun belum bisa dipastikan ada keterkaitannya dengan bangunan candi yang digali oleh tim peneliti.

Pahadi, arkeolog BPK Jatim wilayah XI yang melakukan ekskavasi Situs Mbah Blawu menjelaskan Yoni selalu memiliki konteks dengan candi. Dengan catatan Yoni tersebut bukanlah yang dipindahkan dari asalnya.

Baca juga:
Ekskavasi Situs Mbah Blawu, Arkeolog Gali 120 Meter untuk Temukan Pola Candi

"Jadi memang ada Yoni yang dipindahkan dengan alasan keselamatan. Ada beberapa seperti itu. Jika memang Yoni itu terletak di sini, maka Yoni itu identik dengan media peribadatan," ungkap Pahadi, Selasa (20/9/2022).

Pahadi mengaku temuan Yoni yang ada di tumpukan limbah B3 itu apakah mempunyai hubungan dengan situs Mbah Blawu atau sebaliknya, ia mengaku belum mengetahui secara pasti.

Baca juga:
Ekskavasi Situs Mbah Blawu Jombang, Arkeolog Temukan Bangunan Setinggi 1 Meter

"Kita belum tau Yoni itu berkonteks apa dengan situs Blawu, karena latar belakang Yoni maupun candinya sendiri kita masih belum bisa memastikan. Apakah ada konteks Yoni itu ditaruh di tengah sebagai alat persembahan dan lain-lain, kita belum bisa memastikan itu. Yang jelas itu posisinya di luar struktur candi," pungkasnya.