Pixel Code jatimnow.com

Ratusan Mitra Shopee Geruduk Kantor Perwakilan di Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Aksi unjuk rasa Mitra Shopee (Foto : Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Aksi unjuk rasa Mitra Shopee (Foto : Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Ratusan mitra Shopee menggeruduk kantor perwakilan di Jalan Ronggolawe, Tegalsari, Surabaya, Kamis (22/9/2022). Mereka berasal dari Surabaya, Gresik dan Sidoarjo

Pantauan jatimnow.com di lokasi, nampak ratusan mitra Shopee telah berkumpul di depan kantor. Mereka membentangkan beragam tuntutan yang mereka tulis dan dibeberkan tepat di depan kantor Shopee.

Di lokasi, nampak puluhan personel kepolisian juga melakukan penjagaan. Aksi demonstrasi berjalan aman, ruas Jalan Ronggolawe pun terpaksa ditutup sementara.

Ketua FINE Jatim, Faris Novianto mengatakan, ada beberapa point tuntutan mereka kepada pihak Shopee Surabaya, yang kesemuanya fokus pada tuntutan kesejahteraan mitra Shopee pasca kenaikan BBM.

"Ada beberapa point yang pertama adalah kenaikan tarif, pasca-kenaikan BBM," ucap Faris di lokasi.

Baca juga:
Buruh Tuntut Kenaikan Upah Buntut Meningkatnya Harga BBM

Selain itu, dalam aksi kali ini, mereka juga memprotes tentang aturan kemitraan dalam Shopee tentang kebebasan berpendapat yang telah diatur dalam undang-undang.

"Kalau di Shopee protes nggak boleh, maka kita desak kepada pihak Shopee untuk menghapus point itu," lanjutnya.

Sudah dua jam mitra Shopee telah menduduki kantornya. Namun hingga kini belum ada keputusan dari manajemen untuk mengabulkan tuntutan mitranya.

Baca juga:
Foto: Geruduk Kantor Surabaya, Ratusan Mitra Shopee Ancam Menginap

"Sudah mediasi, tapi dari mereka belum bisa membuat keputusan. (Sehingga) Kita secara forum tetap nginap disini, sampai ada keputusan," tegas Faris.

Sementara itu, manajemen Shopee Surabaya enggan dikonfirmasi terkait aksi dari para mitranya.