Pixel Code jatimnow.com

Ruko Tempat Penjualan Suku Cadang Mobil di Kedungdoro, Surabaya Terbakar

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Kebakaran ruko penjualan suku cadang mobil di Surabaya (Foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)
Kebakaran ruko penjualan suku cadang mobil di Surabaya (Foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Sebuah rumah toko (ruko) yang menjual suku cadang mobil di kompleks ruko Jalan Kedungdoro No. 36, Surabaya terbakar, Jumat (23/9/2022).

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.07 WIB. Api dengan cepat merambat ke lantai lantai 3 ruko tersebut.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mengerahkan 19 unit mobil pemadam beserta 2 unit bronto skylift ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Okta Bayu Anggara, petugas keamanan ruko mengaku jika api pertama kali terlihat dari lantai ruko tersebut. Saat itu, ruko sudah dalam keadaan tutup dan terkunci.

"Api berawal dari lantai satu, kondisi sudah tidak ada orang dan pintu terkunci," ujar Okta.

Sementara Kepala DPKP Kota Surabaya, Dedik Irianto menyebut bahwa tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Baca juga:
Kagetnya Walikota Surabaya saat Temukan Fakta di Balik 10 Rumah yang Terbakar

Menurutnya, api cepat merembat dan cukup sulit dipadamkan karena banyak partisi yang ada di dalam ruko.

"Jadi raknya itu mepet di jendela. Teman-teman berusaha lewat situ, enggak bisa masuk, karena api masih menyala. Akhirnya kita hentikan dahulu, kita pecah kaca yang di lantai 3, lalu kita bisa akses dari situ untuk melakukan pemadaman," ujar Dedik.

Dia menambahkan, api pokok di lantai 2 berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.36 WIB menggunakan bronto skylift. Namun api yang ada di lantai 3 semakin berkobar.

Baca juga:
10 Rumah di Tegalsari Surabaya Terbakar, 2 Orang Terluka

"Setelah api di lantai 2 sudah dipadamkan, api pada lantai 3 masih ada karena kami belum menemukan aksesnya. Begitu bisa mengakses, di situ ada api yang tersembunyi. Karena bahan di situ banyak yang mudah terbakar seperti karet dan lainnya," papar dia.

Kebakaran membuat arus lalu lintas dari Jalan Kedungdoro menuju Blauran sempat ditutup. Dan setelah pemadaman selesai, jalan kembali dibuka.

Peristiwa

Mengenal Siklus dan Gejala Erupsi Semeru

"Siklus erupsi gunung api aktif bermacam-macam. Bisa satu tahun sekali, setiap bulan, bahkan setiap hari," kata Pakar Geologi ITS, Amien Widodo.