Pixel Code jatimnow.com

Ribuan Pesepeda Ramaikan Tour Gowes Wisata Nasional di Kota Batu

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memimpin rombongan gowes.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memimpin rombongan gowes.

Batu - Ribuan pesepeda ramaikan Tour Gowes Wisata Nasional yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Batu berkolaborasi dengan Polres Batu, Sabtu (24/9/2022) pagi. Tampak kawasan Alun-alun Batu cukup padat. Sebab lokasi tersebut merupakan titik Start dan Finish.

Untuk rute yang dirancang penyelenggara mulai dari Alun-alun Kota Batu sebagai titik start sekaligus finish. Kemudian melintas Balai Kota Among Tani menuju Utara melewati Petik Mawar Gunungsari berlanjut ke Kampung Wisata Kungkuk. Kemudian melintasi Lapangan Bulukerto ke arah Bukit Teletubies Bumiaji terus ke arah Baloga hingga simpang tiga Bendo menuju titik pemberhentian di Alun-alun Kota Batu.

Panitia sengaja memilih rute yang menonjolkan karakteristik desa-desa yang kental akan kekayaan alamnya. Hal ini agar dapat memperkenalkan serta mempromosikan potensi desa wisata Kota Batu agar bergeliat. Strategi ini agar pariwisata sebagai penggerak ekonomi Kota Batu bisa bangkit.

Pemberangkatan peserta Tour Gowes Wisata Nasional.Pemberangkatan peserta Tour Gowes Wisata Nasional.

Rombongan diberangkatkan sekitar pukul 7.30 WIB. Diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso beserta jajaran Forkopimda Kota Batu.

Tujuan even ini merupakan cara mempromosikan potensi wisata desa dan memperingati HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara serta HUT ke-21 Kota Batu pada 17 Oktober mendatang.

"Ini merupakan kali kedua, peserta hanya mengeluarkan Rp25 ribu dan bisa beramai-ramai gowes sambil menikmati suasan indah di Kota Batu," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq.

Peserta juga berkesempatan merebut hadiah utama sepeda motor dan beragam door prize menarik. Bahkan Disparta juga menyelenggarakan lomba foto on the spot memperebutkan hadiah Rp5 juta.

Baca juga:
Pemkot Batu Pastikan Perbaikan Jalan Ambrol Rampung Akhir Tahun

"Cukup mudah kok caranya. Peserta cukup mengabadikan aktivitasnya bersepeda dengan latar spot destinasi wisata pada rute-rute yang dilalui. Harapan kami pengembangan promosi destinasi wisata sekaligus sarana promosi bidang kreatif melalui kegiatan bersepeda bisa mewujudkan 5 juta kunjungan wisata ke Kota Batu," harapnya.

Selain itu, Disparta juga ingin berperan menyemarakkan Hari Lalu Lintas Bhayangkara sebagai bentuk apresiasi kepada instistusi kepolisian, khususnya Polres Batu. Karena ikut berperan membantu mewujudkan pariwisata sehat dan aman.

"Apalagi saat long weekend baik nataru maupun lebaran, tugas polisi cukup signifikan membantu mengurai kepadatan arus saat akhir pekan maupun menginjak masa libur panjang seperti pada momen lebaran maupun Nataru. Belum lagi l pelaksanaan protokol kesehatan, khususnya dalam aktivitas pariwisata selama masa pandemi,” ujar Arief.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin juga menggelar deklarasi keselamatan berlalu lintas. Tujuannya sebagai pengingat supaya para pengguna jalan memahami pentingnya ketertiban berlalu lintas.

Baca juga:
KLHK Resmikan Zero Waste Education Park dan Eduwisata TPA Tlekung Kota Batu

"Pasalnya berdasarkan catatan angka kecelakaan mencapai sekitar 25.600 kasus pada 2021. 3 Nyawa melayang setiap jamnya karena kecelakaan lalu lintas," ujar Oskar.

Dirinya pun berharap pengendara bisa mematuhi keselamatan berlalu lintas demi menjaga keselamatan orang lain. Siap memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas menuju zero accident.

"Paling penting semua harus siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutupnya dalam deklarasi.