Pixel Code jatimnow.com

6 Destinasi Wisata Kediri, Cocok untuk Healing Tanggal Tua

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. (Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. (Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)

Kediri - Liburan saat tanggal tua, siapa takut? Berikut 6 rekomendasi destinasi wisata di Kediri antibokek. Tanpa perlu merogoh kocek dalam, kalian bisa merasakan serunya berlibur meski isi dompet menipis. Di antaranya bahkan bisa kamu nikmati secara gratis.

Yuk, simak rekomendasi wisata di Kediri antibokek :

1. Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) di Kabupaten Kediri bisa menjadi pilihan menarik di akhir pekan ini. Kamu bisa merasakan sensasi berfoto dengan latar monumen yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis.

Di kawasan ini, kamu juga bisa menikmati udara segar, tanpa perlu merogoh kocek. Membawa makanan dari rumah, duduk-duduk di kawasan monumen SLG ini, mungkin bisa menjadi ide menarik untuk healing kamu bersama keluarga di tanggal tua ini.

2. Taman Hijau SLG

Di kawasan monumen Simpang Lima Gumul (SLG) ini ada taman hijau yang juga bisa kamu nikmati secara cuma-cuma. Wahana bermain di taman ini, juga bisa membahagiakan si kecil.

Di sekitar taman, kamu juga bisa menikmati liburan dengan cara lain. Ada banyak penyedia jasa skuter atau motor listrik yang bisa disewa untuk mengitari kawasan ini.

Ada juga stand-stand yang menjajakan ragam tradisional. Nyemil sambil menikmati suasana sejuk taman ini, juga bisa menjadi ide menarik bukan?

3. Wisata Alam Alaska

Kita bergeser ke timur. Ada Wisata Alam Alaska atau Alas Karet yang menawarkan kesejukan di Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. 20 Kilometer dari pusat Kota Kediri.

Sesuai namanya, wisata ini dipenuhi pohon-pohon karet berusia ratusan tahun. Akarnya yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Yang paling menarik dari kawasan ini, meja dan kursi makan yang berada di aliran sungai yang jernih. Kesegarannya, cocok untuk healing atau menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Ada juga spot bermain untuk anak. Seperti, hammock di atas sungai dan penangkaran monyet yang aman.

Baca juga:
Rekomendasi Hotel di Kediri, Suguhkan Vibe Bali hingga View SLG

4. Goa Jegles

Berikutnya, Goa Jegles. Lokasinya berada di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Ini merupakan goa eksotis yang dulunya dikenal angker. Tak hanya sejuk, goa ini cukup instagramable.

Dibuka sejak tahun 2019 oleh pemerintah desa dan para pemuda, Goa Jegles saat ini memiliki banyak atraksi lainnya. Seperti susur sungai dengan ban yang cukup terjangkau. Masuk ke Goa Jegles pun pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya.

5. Gronjong Wariti

Selanjutnya ada Gronjong Wariti yang berada di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Memiliki fasilitas lengkap, kawasan ini cocok untuk kawasan berlibur bersama keluarga. Lokasinya berada di kawasan pedesaan. Berjarak 15 menit dari Kota Pare.

Kawasan ini sebelumnya, merupakan sungai kumuh yang kemudian disulap menjadi kawasan wisata yang sejuk dan asri. Yang menarik, banyak sekali wahana permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Seperti kolam renang, delman, ayunan, dan perahu.

Baca juga:
Terlalu! Pria Nganjuk Gasak Motor Teman Kencannya di SLG

Harga tiketnya, juga dijamin tidak membuat kantong kering.

6. Kafe Prongos

Terakhir, kita ke lereng Gunung Wilis. Di sini ada Kafe Prongos, di Besuki. Di sini kamu bisa menikmati kesejukan ala pegunungan dengan pemandangannya yang indah. Dijamin membuat betah. Letak kafenya di sisi timur jembatan Jomblo.

Ada jagung bakar, wedang uwuh, teh bunga telang dan rosela. Harganya cukup terjangkau.

Untuk menuju Kafe Prongos, kamu perlu membayar Rp6000 di gapura pintu masuk kawasan wisata Besuki. Motor Rp2000 dan mobil Rp5000.

Puas dengan kafe Prongos, kamu bisa mampir menikmati kesegaran Air Terjun Irenggolo maupun Dolo di kawasan tersebut.