Pixel Code jatimnow.com

PJT I Borong 3 Penghargaan dalam Ajang Infobank Award 2022

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Galih Rakasiwi
Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan.(Foto: PJT I for Jatimnow.com)
Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan.(Foto: PJT I for Jatimnow.com)

Malang - Pemeringkatan yang dilakukan Infobank menempatkan Perum Jasa Tirta (PJT) I sebagai BUMN dengan predikat Sangat Bagus dari 19 perusahaan plat merah lainnya. Dengan nilai 98,95, PJT I berhasil menunjukkan pencapaian yang sangat baik dari laporan keuangan 2021. Pada pemeringkatan tahun ini, PJT I memperoleh tiga penghargaan sekaligus.

Pertama sebagai BUMN dengan predikat Sangat Bagus atas kinerja 2021. Kedua, meraih The Best Performance SOE 2022 dalam pemeringkatan berdasarkan kinerja 2021. Ketiga, penghargaan lima tahun berturut-turut sebagai BUMN dengan Excellent Performace dari 2017-2021.

Pemeringkatan Infobank berdasarkan lima aspek penilaian. Pertama, pertumbuhan yang indikatornya aktiva, ekuitas, pendapatan usaha, dan laba tahun berjalan. Kedua, rasio aktiva lancar terhadap kewajiban jangka pendek. Ketiga, solvabilitas. Keempat, efisiensi yang dicerminkan rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BO/PO). Sedangkan kelima, rentabilitas yang indikatornya ialah rasio laba usaha terhadap pendapatan usaha, return on asset (ROA), dan return on equity (ROE).

Jasa Tirta I mendapat nilai sempurna di empat aspek. Yaitu, rasio aktiva lancar terhadap kewajiban jangka pendek, solvabilitas, efisiensi yang dicerminkan oleh rasio BO/PO, dan rentabilitas.

Peningkatan laba perusahaan, utamanya ditopang dari kenaikan pendapatan usaha sebesar 16,70 persen atau menjadi Rp570,19 miliar dari Rp488,62 miliar di 2020. Salah satu terlihat dari kinerja PJT I adalah sisi rentabilitas. Artinya, perusahaan mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal dari bisnisnya.

Baca juga:
Pandangan Ahli Kimia Unair Tentang Dampak Gas Air Mata

Hal itu tergambar dari tiga indikator rentabilitas PJT I. Yakni, rasio laba usaha terhadap pendapatan usaha, ROA, dan ROE yang masing-masing tercatat 16,74 persen, 8,93 persen, dan 10,65 persen. Jauh di atas rata-rata perusahaan-perusahaan BUMN yang dirating, masing-masing sebesar 11,25 persen, 1,39 persen, dan 4,77 persen. Pada akhir 2021, Perum Jasa Tirta I beraset Rp1,05 triliun.

Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan mengungkapkan rasa syukurnya karena penghargaan tersebut merupakan bentuk upaya kerja keras seluruh insan perusahaan.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh insan perusahaan. Pertumbuhan positif menunjukkan bahwa perusahaan semakin baik dalam segala aspek pengelolaan. Sesuai Key Performance Indicator (KPI) yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN, kami terus berupaya memenuhi target layanan umum yang menjadi DNA perusahaan berupa kegiatan pengelolaan sumber daya air untuk mendukung ketahanan air, pangan dan energi," tegasnya, Senin (26/9/2022).

Baca juga:
Ini Kondisi Terbaru Bocah SD asal Malang Jadi Korban Penganiayaan Kakak Kelas

Ke depannya, Raymond menyatakan perusahaan BUMN yang dipimpinnya akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pemanfaat dan masyarakat Indonesia. Hal itu dapat dilihat bahwa pencapaian lima tahun berturut-turut kinerja Excellent Performance menunjukkan bahwa perusahaan menunjukkan konsistensi dalam menjaga kinerjanya.

"Harapan kami bahwa perusahaan akan semakin dapat memberikan pelayanan prima. Semoga kedepannya dapat memberikan manfaat lebih besar untuk seluruh masyarakat Indonesia," tutupnya.