Pixel Code jatimnow.com

Pabrik Furniture Terbakar di Mojokerto, Warga Panik

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pembasahan di pabrik mebel CV Alseason Furniture, Mojosari, Kabupaten Mojokerto. (Foto: WhatsApp grup)
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pembasahan di pabrik mebel CV Alseason Furniture, Mojosari, Kabupaten Mojokerto. (Foto: WhatsApp grup)

Mojokerto - Mebel CV Alseason Furniture yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto terbakar.

Warga sekitar pabrik sempat panik karena lokasi kebakaran berdampingan langsung dengan permukiman padat penduduk.

"Di dalam itu isinya furniture macam-macam, ada kursi meja, keranjang," kata seorang pekerja, Metrim, Senin (26/9/2022).

Api diduga berasal dari percikan las yang menyambar peredam suara berbahan styrofoam saat pekerja melakukan pengelasan.

"Di dalam kamar potong, kan dia (pekerja) lagi motong besi. Ada percikan api, kena dinding yang bahannya gabus, ini untuk peredam suara. Tahu-tahu apinya membesar gitu," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Mojosari, Kompol Heru Purwandi menjelaskan, percikan api dari pengerjaan pengelasan yang mengenai peredam suara di dinding berbahan strefoam diduga menjadi penyebabnya.

Baca juga:
Pabrik Rokok Gudang Garam Kediri Terbakar Viral di Medsos, Ini Kata Manajemen

"Kronologis yang kami gali keterangan dari pemilik dan saksi bahwasanya sekitar jam 11 tadi salah satu pekerja melaksanakan pengelasan. Disaat melaksanakan pengelasan itu percikan api lasnya (memercik tembok). Dimana temboknya dikasih peredam terbuat dari strefoam," ungkapnya.

Menurut Heru, total ada delapan mobil damkar yang diterjunkan untuk melakukan pemadaman dan pembasahan pabrik sekaligus gudang mebel tersebut.

"Kami dibantu enam damkar dari Kabupaten Mojokerto dan dari kota satu unit. Lalu ada satu unit dari gama. Saat ini sudah dalam pembasahan. Untuk titik api yang besar sudah padam. Tapi tetap pembasahan agar tidak ada titik api lagi," bebernya.

Baca juga:
Sulut Korek Api Sambar Pelumas, Percetakan Ludes Terbakar

Api yang membakar mengakibatkan hampir semua bangunan pabrik rata dengan tanah. Beruntung, kejadian ini tidak ada korban luka hingga nyawa.

"Nihil korban, kerugian masih kami dalami tapi. Untuk luas kebakar hampir seluruh gudang terbakar. Terpenting tidak merembet ke pemukiman," pungkasnya.