Pixel Code jatimnow.com

Hujan Deras di Daerah Ini Akibatkan 39 Rumah Rusak dan 10 Jalan Ambles

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Jalan ambles di Pacitan akibat hujan deras.(Foto: BPBD Pacitan)
Jalan ambles di Pacitan akibat hujan deras.(Foto: BPBD Pacitan)

jatimnow.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan telah usai melakukan assessment bencana yang menimpa di kota 1001 Goa, Selasa (4/10/2022) pagi. Adapun bencana disebabkan hujan deras.

“Kami usai melakukan assessment di sejumlah lokasi,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) Erwin Andriatmoko ketika dihubungi jatimnow.com.

Dari 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan, 7 kecamatan di antaranya tertimpa bencana. Kecamatan yang tidak terkena adalah Donorojo, Punung, Pringkuku, Bandar, Tegalombo.

“Yang terkena di Kecamatan Pacitan kota, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Nawangan, Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Sudimoro,” kata Erwin.

Secara total ada 39 rumah yang rusak, 1 pohon tumbang, 10 jalan rusak atau ambles. Ditambah ada 1 jembatan putus.

Baca juga:
Atap Serambi Masjid di Tulungagung Terhempas Angin Kencang

Rumah yang rusak di Kecamatan Pacitan Kota ada 1, Kecamatan Arjosari ada 1 unit, Kecamatan Nawangan ada 1 unit, Kecamatan Kebonagung ada 2 unit, Kecamatan Tulakan ada 11 unit, dan Kecamatan Ngadirojo ada 3 unit.

“Yang paling banyak ada di Kecamatan Sudimoro. Ada 20 rumah yang terdata mengalami kerusakan,” jelas mantan Camat Tegalombo ini.

Baca juga:
Puluhan Rumah Warga Denanyar, Jombang Terendam Banjir Akibat Hujan 3 Jam

Menurut Erwin, banyaknya kerusakan rumah hingga jalan ambles maupun jembatan putus diakibatkan hujan intensitas tinggi pada Senin (3/10/2022). Untuk jembatan yang putus, sedang diusahakan dibangun jembayan sementara.

“Kami bergerak dari kemarin sampai saat ini,” pungkasnya.