Pixel Code jatimnow.com

Gagal Dijebak, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Permukiman Warga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Monyet liar kembali masuk permukiman warga (Foto: Tangkapan layar video Hari Tri for jatimnow.com)
Monyet liar kembali masuk permukiman warga (Foto: Tangkapan layar video Hari Tri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Jebakan yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri untuk menangkap kawanan monyet liar di permukiman warga Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri belum efektif.

Sejak dipasang Selasa (4/10/2022), belum satu ekor pun monyet yang terperangkap dalam jebakan kandang BKSDA. Hari ini, monyet-monyet ekor panjang itu masih berkeliaran di pemukiman warga.

Alih-alih menangkap monyet liar, umpan pisang yang diletakkan sebagai pancingan justru berkali-kali hilang tanpa adanya monyet yang terperangkap di dalam kandang jebakan.

Hari Tri, salah seorang warga mengatakan, monyet-monyet itu masih berkeliaran di atap rumahnya. Ada tiga ekor monyet ekor panjang yang hari ini terlihat.

"Sudah beberapa kali umpan pisangnya hilang," kata Hari Tri, Rabu (5/10/2022).

Baca juga:
Monyet Liar Satroni Kantor Kecamatan Laren Lamongan

Dalam video yang direkam dan dibagikan oleh Hari Tri, monyet-monyet itu terlihat memantau pisang dalam jebakan kandang itu. Dia seolah tahu bahwa pisang tersebut berada dalam kandang jebakan.

Menurut Hari Tri, belum efektifnya jebakan kandang BKSDA itu karena sistemnya yang manual. Warga harus terus menunggu dan siap menarik tali pengikat kayu sebagai penahan pintu.

Saat monyet masuk mengambil umpan, warga harus sigap menarik tali dari dalan rumah agar pintu segera tertutup.

Baca juga:
Monyet Ekor Panjang Resahkan Warga, Ini Penampakannya

"Kebetulan dipasangnya di rumah saya. Nah saya sendiri tidak bisa terus mengawasi. Tadi baru dipasang, sudah hilang lagi," tandasnya.

Warga masih sangat khawatir dengan serangan kawanan monyet liar yang sesekali mencoba masuk ke dalam rumah mereka.