Pixel Code jatimnow.com

Sederet Upaya Pemkab Lamongan Wujudkan Smart City

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pemaparan program pengembangan smart city di Lamongan oleh Pak Yes (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Pemaparan program pengembangan smart city di Lamongan oleh Pak Yes (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan terus mendorong terwujudnya konsep smart city. Satu satunya dengan mengoptimalkan 11 elemen program prioritas yang telah digagas.

Hal itu disampaikan Bupati Yuhronur Efendi saat evaluasi Program Pengembangan Smart City 2022 bagi Kabupaten Lamongan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) secara virtual, Rabu (5/10/2022).

Bupati yang akrap disapa Pak Yes itu menekankan, pengembangan smart city di Lamongan ditopang 11 program prioritas sebagai akselerasi smart governance, smart economy, smart society, smart branding, smart living dan smart environment.

11 program prioritas yang menopang pengembangan smart city di Lamongan adalah pendidikan berkualitas dan gratis bagi masyarakat kurang sejahtera (perintis), Lamongan sehat, young enterpreneur success, jalan mantap dan alus Lamongan (jamula).

Kemudian lumbung pangan, UMKM, pemuda olah raga, gerakan membangun pariwisata ramah dan terintegrasi (ramasinta), yakin semua sejahtera, 100% pelayanan publik berkualitas dan desa berjaya.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan juga berkomitmen dalam pengembangan smart city yang ditunjukkan dengan ketersedian aksesibilitas infrastruktur layanan dasar dan infrastruktur digital," terang Pak Yes, Rabu (5/10/2022).

Baca juga:
Kejar Target, Perbaikan Jalan Lamongan Dikebut Jelang Tahun Baru

Selain infrastruktur layanan dasar, infrastruktur digital juga terus dibangun dan kembangkan.

"Saat ini seluruh perangkat daerah, BUMD dan lembaga sektor publik di Lamongan sudah terhubung dengan fiber optik. Bahkan di 27 kecamatan juga sudah terhubung fiber optik dengan bandwidth utama sebesar 600 mbps," tegas Pak Yes.

Di akhir paparannya, melalui pengembangan smart city, Pak Yes berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:
Info Lur! Blangko KTP Habis, Warga Lamongan Diberi Surat Pengganti

"Dalam rangka meningkatkan kualitas dan akselerasi smart city di Lamongan, harapan kami hal ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Selain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan Sugeng Widodo, dalam kesempatan tersebut Pak Yes juga didampingi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.