Pixel Code jatimnow.com

4 Rekomendasi Wisata Alam yang Menarik Dikunjungi

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Yanuar Dedy
Air Terjun Ngleyangan di Kecamatan Banyakan.(Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Air Terjun Ngleyangan di Kecamatan Banyakan.(Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kabupaten Kediri memiliki potensi alam luar biasa indah. Tak hanya Gunung Kelud yang tersohor karena danau kawahnya, air terjun di kawasan Lereng Wilis juga menyimpan pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Jika berkunjung ke Kediri, Anda bisa menikmati wisata-wisata alam tersebut. Sambil mencicipi kuliner di sekitarnya.

Berikut rekomendasi wisata alam di Kediri:

1. Gunung Kelud

Pertama tentu Gunung Kelud. Keindahan gunung aktif di sisi Timur Kabupaten Kediri ini memang tak perlu diragukan lagi. Gunung Kelud punya danau kawah yang menjadi titik paling menarik bagi para wisatawan.

Kawah ini merupakan hasil dari letusan pada 2014. Danau kawah memiliki suasana yang mirip dengan Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Kawah Gunung Kelud dikelilingi tiga puncak utama. Yaitu, puncak Kelud, puncak Sumbing, dan puncak Gaja Mungkur.

Gunung Kelud berada di Kecamatan Ngancar, 39 kilometer dari pusat Kota Kediri dengan waktu tempuh kendaraan 1,5 jam. Tiket masuk kawasan wisata Gunung Kelud cukup murah. Pengunjung dewasa hanya perlu membayar Rp8.000 untuk weekday dan Rp10.000 untuk weekend. Untuk kendaraan sepeda motor hanya dikenakan biaya parkir Rp2.000.

Dari loket, pengunjung bisa menyusuri jalanan aspal dengan pemandangan hamparan kebun Nanas yang luas di kiri kanan. Ada titik batas pengunjung boleh membawa motornya. Selanjutnya pengunjung bisa menyewa ojek yang banyak di lokasi dengan tarif Rp30.000 hingga Rp40.000.

2. Air Terjun Irenggolo

Bergeser ke kawasan Lereng Gunung Wilis. Ada Air Terjun Irenggolo.

Air Terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan kemiringannya diperkirakan mencapai 45 derajat. Batu-batuan tempat air terjun mengalir memiliki bentuk unik yang serupa dengan anak tangga.

Baca juga:
Gumul Paradise Island, Wahana Super Komplet di Kediri dengan Harga Terjangkau

Di kawasan ini, pengunjung bisa mandi dengan aman di bawah air terjun. Mereka juga bisa menikmati flying fox di antara tanaman kopi jenis arabika milik petani lokal. Ditambah udara sejuk khas daerah pegunungan yang membuat pengunjung betah berlama-lama.

3. Air Terjun Dolo

Di kawasan wisata Besuki, ada juga Air Terjun Dolo. Destinasi wisata alam ini bakal membuat pengunjung terpesona karena pemandangan, suasana serta udaranya yang sejuk. Juga air yang menyegarkan.

Air terjun berada di bagian Timur lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan Irenggolo, menuju Air Terjun Dolo mungkin membutuhkan perjuangan ekstra keras karena jarak yang jauh. Namun pengunjung tidak perlu khawatir karena jalan menuju Air Terjun Dolo sudah berupa anak tangga, bukan tanah terjal bebatuan.

4. Air Terjun Ngleyangan

Baca juga:
Berwisata Sambil Mengenal Tanaman Obat dan Belajar Membuat Jamu, Mau?

Jalan terjal menuju Air Terjun Ngleyangan.(Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)Jalan terjal menuju Air Terjun Ngleyangan.(Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

Terakhir ada Air Terjun Ngleyangan. Berada di wilayah Gunung Cemorosewu, Kecamatan Banyakan.

Untuk menuju air terjun memang diperlukan usaha ekstra, lebih dari Air Terjun Dolo. Anda harus melalui jalan tanah setapak dengan medan yang sulit. Sepeda Motor juga tidak bisa sampai menuju lokasi air terjun.

Menggunakan mobil, pengunjung akan berjalan lebih jauh. Namun saat sampai di lokasi perjuanganmu akan terbayarkan. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Perpaduan air terjun dan hutan tropis yang indah, lengkap dengan nuansa natural di sekitarnya.