Pixel Codejatimnow.com

Emil Dardak Jadi Presiden EAROPH Periode 2022-2026

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Ni'am Kurniawan
Pengangkatan Emil Dardak sebagai Presiden EAROPH periode 2022-2026 (Foto: Vq for jatimnow.com)
Pengangkatan Emil Dardak sebagai Presiden EAROPH periode 2022-2026 (Foto: Vq for jatimnow.com)

jatimnow.com - Organisasi Internasional Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) menunjuk Emil Elestianto Dardak sebagai presiden periode 2022-2026 dalam kongres ke-28 di Surabaya.

Emil menjabat presiden setelah sebelumnya menjabat wakil. Dia mengikuti jejak mendiang ayahnya yang sempat menjabat di posisi sama di Tahun 2014-2016.

Emil ditunjuk menggantikan presiden sebelumnya, Ar. Yolanda David Reyes dari Filipina, pada Kamis (6/10/2022) dalam World Congress 2022 di Surabaya yang menghadirkan kepala daerah dan pakar permukiman berbagai negara di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Emil berjanji akan memberikan perspektif dari pemerintah lokal dalam agenda EAROPH ke depan, dengan mengambil contoh Jawa Timur.

"Saya meyakini bahwa perencanaan selalu menjadi jawaban untuk masa depan yang dinamis, fleksibel dan agile. Maka dari itu, perencanaan perlu bersifat adaptif untuk mewujudkan masa depan kota dan pemukiman yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujar Emil, Kamis (6/10/2022).

EAROPH merupakan organisasi multisektoral nonpemerintah yang terafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). EAROPH juga organisasi multi-sektor yang meliputi sektor privat, publik dan akademik.

Baca juga:
Saat Tradisi Kupatan Massal Trenggalek, Arumi Bachsin Mengaku Kangen..

Sejak didirikan Tahun 1956, EAROPH memiliki tujuan untuk mengkonsolidasikan penyediaan kualitas hidup, perumahan dan perencanaan yang lebih baik di kawasan Asia, Australia dan Pasifik.

Sementara presiden sebelumnya, Ar. Yolanda David Reyes menambahkan, dengan posisi Emil sebagai presiden, pihaknya berharap perencanaan tata ruang kota yang dilakukan EAROPH bisa segera dijalankan.

"Menjadi Presiden EAROPH memberikan kewenangan istimewa untuk bisa membawa para pakar dan ahli di bidang arsitektur dan pemukiman bertaraf internasional untuk mencapai agenda EAROPH dalam memberikan perencanaan dan pembangunan tata ruang kota yang lebih baik," ucap Yolanda.

Baca juga:
Ini Wilayah Kunci Kemenangan Pilgub Jatim 2024, Menurut Pengamat

Kongres internasional ini terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Juga United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific, organisasi yang menaungi para kepala daerah dan asosiasi pemerintah daerah di wilayah Asia Pasifik juga turut bermitra dalam menyelenggarakan ASEAN Mayors Forum (AMF) roundtable discussion sebagai bagian dari rangkaian kegiatan EAROPH World Congress yang menghadirkan para kepala daerah dari negara-negara ASEAN.

Sejumlah pakar hingga praktisi bidang perencanaan dan permukiman dari negara-negara Asia dan Australia juga tampak hadir mengisi berbagai sesi yang membahas permukiman dan perkotaan masa depan atau future cities and human settlements.