Latih Kepekaan Pilot, Lanud Iswahjudi Gelar Terbang Malam Sepekan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Pesawat T 50i Golden Eagle.

jatimnow.com - Selama sepekan, langit Madiun Raya riuh dengan suara pesawat. Pasalnya Lanud Iswahjudi, Maospati Magetan melakukan terbang malam dengan T 50i Golden Eagle, sejak Senin (23/7/2018) sampai Jumat (27/7/2018) malam.

"Jadi kalau tiap malam, mulai Senin sampai Jumat malam ada suara berisik. Karena memang ada latihan terbang malam," kata Kasi Baseops, Letkol pnb 'Sonic' Widi, Jumat (27/7/2018) siang.

Ia mengatakan tujuan dengan terbang malam untuk melatih kepekaan para penerbang di malam hari. Rencananya akan ada terbang malam setiap bulan.

"Asal waktunya pas. Ketika jadwal latihan, cuacanya pas ya terbang malam jalan. Jika tidak ya ditunda," terang Letkol PNB Widi.

Ia mengaku, setiap malam terbang malam mengambil ketinggian dibawah 10.000 ft. “Kita sebagai prajurit yang disiapkan mengatasi kondisi yang tidak normal maka tidak menutup kemungkinan perang dalam kondisi yang unpredictable. Kita harus siap,” katanya

Skuadron Udara 15 yang mengawaki pesawat T 50i Golden Eagle mengerahkan 6 pesawat untuk latihan kali ini.

“Tingkat kesulitan yang kta hadapi dengan latihan ini adalah kepercayaan kita terhadap semua instrument lebih tinggi dan secara visual kita juga harus jeli sehingga semua panca indera kita terlatih secara tidak sadar," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter