Pixel Code jatimnow.com

Rekomendasi Film Sejarah Nabi Muhammad SAW yang Bisa Ditonton saat Libur Maulid

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Salah satu film tentang Nabi Muhammad SAW (Foto: Ist)
Salah satu film tentang Nabi Muhammad SAW (Foto: Ist)

jatimnow.com - Sederet film tentang perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW bisa menjadi rekomendasi saat libur Maulid, yang jatuh pada Sabtu (8/10/2022) besok.

Melalui film-film ini, penonton bisa mengenali sosok Nabi Muhammad serta memahami perjuangannya menyiarkan Islam. Dan setiap hari lahirnya, diperingati dengan libur Maulid.

Berikut rekomendasi film tentang sejarah Nabi Muhammad SAW yang bisa menemani anda saat libur Maulid, diolah dari berbagai sumber:

1. The Massage
The Message adalah film lawas produksi tahun 1977. Film yang disutradari Mostapha Akkad sukses membius penonton merasakan kehadirannya, meskipun tak menampakkan fisik Nabi Muhammad. The Message bercerita mengenai awal kemunculan dan penyebaran agama Islam.

Kisah yang ditunjukkan dalam film ini adalah kisah Nabi Muhammad saat menyampaikan wahyu secara diam-diam di Arab, dilanjutkan dengan hijrah ke Madinah, dan kembali ke Arab lewat perjuangan panjang.

The Massage, diproduksi dengan dua versi, yaitu versi Arab dan Inggris. Versi Arab diluncurkan pada Tahun 1976, setahun sebelum versi Inggris. Film ini juga dinominasikan sebagai finalis kategori 'Kisah Orisinil Terbaik' di Academy Awards ke-50.

2. Mohammad Messenger Of God
Film ini disutradari oleh Majid Majidi. Majid membuat film ini untuk memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap Islam. Film ini ditargetkan akan menjadi kisah dalam bentuk trilogi, dimana seri pertama bercerita soal masa kecil Nabi.

Baca juga:
5 Rekomendasi Film Saat Libur Hari Kemerdekaan, Mana Ya yang Paling Seru?

Sejarah perfilman Iran mencatat film Mohammad Messenger of God menjadi film paling mahal dengan menelan anggaran hingga 40 juta dolar AS atau setara Rp588 miliar.

Film yang menawarkan kisah kehidupan masa kecil Nabi Muhammad sejak lahir hingga remaja ini sempat mengundang protes karena menampilkan visual kaki bayi dan bagian belakang kepala Nabi Muhammad SAW saat remaja.

Selebihnya tak ada penampilan visual fisik Nabi Muhammad SAW, hanya ditampilkan sosok putih yang bercahaya. Mereka juga mengecam penggunaan nama Nabi Muhammad sebagai judul film. Mereka menilai itu bisa disalah artikan sebagai wujud mengkritisi kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga:
Banyuwangi Kembali Jadi Lokasi Syuting Film, Kali Ini Adaptasi Karya Asma Nadia

3. The Life Of Muhammad
Film The Life of Muhammad adalah film dokumenter yang diproduksi tahun 2011. Sutradara Faris Kermani ingin memberikan gambaran kehidupan Nabi Muhammad dengan napak tilas kehidupan Nabi Muhammad di Arab. Film dokumenter ini mencoba membedah jalan hidup Rasulullah. Ada tiga bagian dalam film The Life of Muhammad: The Seeker, Holy Wars, dan Holy Peace.

4. Muhammad: The Last Prophet
Film Muhammad: The Last Prophet diproduksi pada tahun 2002. Ini merupakan film animasi yang disutradarai Ricarhd Rich. Film ini membahas tentang awal kehidupan serta penyebaran agama Islam oleh Rasulullah.

Film ini memiliki tiga babak cerita, yaitu Before the Light (kisah awal kakek Nabi Muhammad SAW), Salman the Persians (kisah Salman mencari hidayah), dan Great Woman of Islams (peranan wanita di awal kemunculan Islam).