Pixel Code jatimnow.com

Perbaikan Gapura Makam Sunan Giri Hampir Rampung

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
Para pekerja sedang memperbaiki gapura Makam Sunan Giri (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Para pekerja sedang memperbaiki gapura Makam Sunan Giri (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Perbaikan gapura makam Sunan Giri sudah hampir selesai. Gapura tersebut diperbaiki karena kondisinya sudah lapuk akibat faktor usianya yang sudah cukup tua. Pengerjaan perbaikan itu dilakukan oleh tim arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim.

Menurut Kepala Seksi Sejarah Purbakala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik Khairil Anwar, gapura yang diperbaiki adalah gapura jalan paling atas sebelum makam Sunan Giri.

"Gapura yang sedang diperbaiki masuk situs cagar budaya. Bangunan gapura mengalami kemiringan akibat sudah rapuh,” kata Khairil Anwar, Sabtu (8/10/2022).

Khairil menjelaskan perbaikan meliputi penguatan pondasi agar gapura tidak miring. Perbaikan itu dilakukan pada bagian kaki dan badannya gapura saja karena untuk struktur dalam gapura sudah tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki.

Baca juga:
Bus DPRD Surabaya Terlibat Kecelakaan di Gresik, 1 Pelajar Tewas

"Perbaikan hanya bagian luarnya saja, kalau untuk bagian dalamnya sudah terlalu rapuh," bebernya.

Ia menambahkan bahwa proses perbaikan  ini dilakukan secara hati-hati. Selain itu struktur bangunan maupun bahan yang digunakan harus sesuai dengan aslinya.

Baca juga:
Politisi NasDem Ini Desak Wisata Religi Terpadu di Jatim Lebih Dimaksimalkan

"Pengerjaannya tinggal sedikit lagi, bulan ini sudah selesai," ujar Khairil.