Pixel Code jatimnow.com

Pria Ini Diringkus Polisi Lantaran Tebang Pohon Jati di Kawasan Hutan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Tersangka pencurian pohon jati.(Foto: Polres Magetan)
Tersangka pencurian pohon jati.(Foto: Polres Magetan)

jatimnow.com - DM (54), warga Kabupaten Ponorogo, dibawa ke Mapolres Magetan saat asyik menebang pohon jati. Pasalnya pohon jati yang ditebang masuk dalam kawasan hutan Petak 67C dan Petak 69e1 RPH Gangsiran BKPH Sampung KPH Madiun. Tepatnya di Desa Nglopang, Kecamatan Parang, Kabupten Magetan.

“Total ada 24 potong batang kayu jati yang telah dipotong dengan berbagai ukuran,” ujar Kasatreskrim Polres Magetan AKP Rudy Hidajanto, Senin (10/10/2022).

Awal terungkapnya, anggota reskrim Polsek Sampung mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa terdapat sisa potongan kayu jati. Dugaannya merupakan hasil pencurian di dalam kawasan hutan wilayah Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

“Selanjutnya dari hasil penyelidikan, Polsek Sampung mengamankan DM dan membawa ke Polsek Sampung. DM ditangkap oleh polisi saat menebang pohon,” katanya.

Setelah dibawa ke Mapolsek Sampung kemudian dilakukan interogasi awal. Sekaligus dilakukan olah TKP pencurian di petak 67.C dan petak 69.E1.

Baca juga:
Demi Miras dan Domino, Pemuda Surabaya Tega dengan Tetangga

“Rupanya masuk dalam wilayah Polsek Parang, Polres Magetan, selanjutnya Kapolsek Sampung,” jelas AKP Rudy.

Dari situ, kemudian kasus ini ditangani Satreksrim Polres Magetan. Pelaku dikenakan Pasal 36 angka 19 pasal 78 ayat 5 UU Cipta Kerja No 11 tahun 2020 sebagaimana perubahan atas UU RI No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, dan/atau Pasal 37 angka 12 ayat 1 huruf b dan huruf c UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 sebagaimana perubahan atas UU No. 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan

Baca juga:
Napi Rutan Klas IIB Sampang Lolos dari Amuk Warga

“Ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp3,5 miliar,” pungkasnya.